Monday, August 24, 2015

Pasaran Harga Mobil Toyota Bekas Update Bulan Januari tahun 2016

Mobil Toyota paling banyak diminati di Indonesia, hal tersebut dapat dilihat di sudut jalanan orang lebih suka memakainya. Pengguna kendaraan dengan produk Toyota sangat yakin bahwa mobil tersebut memiliki keunggulan lebih dibanding mobil lainnya, yaitu tenaga kuat, harga bertahan, dan tidak rewel.

Informasi yang diberikan pada situs harga pasaran ini berupa list daftar katalog pilihan mobil Toyota bekas yang tergolong masih muda. Melalui penjelasan ini para konsumen dapat menetapkan berapa harga jual ataupun beli untuk mendapatkan harga termurah.

Patokan standar harga Toyota second / bekas pada info ini agak sedikit berbeda dengan harga Daihatsu bekas yang tergolong lebih murah dengan kelas yang berbeda. Harga tersebut berlaku untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi). Namun untuk kota kabupaten atau provinsi lain seperti Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Makasar, Sulawesi, Sumatera dan lainnya, daftar harga Toyota ini dapat menjadi acuan dengan ada sedikit perbedaan.

Berikut list Daftar Harga Mobil Bekas Toyota berdasarkan jenis mini bus / sedan, model, type mobil manual (M/T) dan automatic (A/T) serta tahun pembuatan dan perakitan :

Harga Toyota Corolla Altis 1.8 G A/T tahun 2001 Rp.120juta
Harga Toyota Corolla Altis 1.8 G A/T tahun 2002 Rp.130juta
Harga Toyota Corolla Altis 1.8 G A/T tahun 2003 Rp.140juta
Harga Toyota Corolla Altis 1.8 G A/T tahun 2004 Rp.145juta
Harga Toyota Corolla Altis 1.8 G M/T tahun 2001 Rp.125juta
Harga Toyota Corolla Altis 1.8 G M/T tahun 2002 Rp.130juta
Harga Toyota Corolla Altis 1.8 G M/T tahun 2003 Rp.135juta
Harga Toyota Corolla Altis 1.8 G M/T tahun 2004 Rp.140juta
Harga Toyota Corolla Altis 1.8 J M/T tahun 2001 Rp.105juta
Harga Toyota Corolla Altis 1.8 J M/T tahun 2002 Rp.115juta
Harga Toyota Corolla Altis 1.8 J M/T tahun 2003 Rp.120juta
Harga Toyota Corolla Altis 1.8 J M/T tahun 2004 Rp.125juta
Harga Toyota Corolla Altis Facelift VVT-i tahun 2004 Rp.140juta
Harga Toyota Corolla Altis Facelift VVT-i tahun 2004 Rp.145juta
Harga Toyota Corolla Altis Facelift VVT-i tahun 2004 Rp.150juta
Harga Toyota Corolla Altis Facelift VVT-i tahun 2005 Rp.150juta
Harga Toyota Corolla Altis Facelift VVT-i tahun 2005 Rp.155juta
Harga Toyota Corolla Altis Facelift VVT-i tahun 2005 Rp.160juta
Harga Toyota Corolla Altis Facelift VVT-i tahun 2006 Rp.160juta
Harga Toyota Corolla Altis Facelift VVT-i tahun 2006 Rp.165juta
Harga Toyota Corolla Altis Facelift VVT-i tahun 2006 Rp.170juta
Harga Toyota Corolla Altis New Altis 1.8 G A/T tahun 2008 Rp.285juta
Harga Toyota Corolla Altis New Altis 1.8 G A/T tahun 2009 Rp.245juta
Harga Toyota Corolla Altis New Altis 1.8 J A/T tahun 2008 Rp.265juta
Harga Toyota Corolla Altis New Altis 1.8 V A/T tahun 2008 Rp.225juta
Harga Toyota Corolla Altis New Altis 1.8 V A/T tahun 2009 Rp.265juta
Harga Toyota Corolla Altis New Altis 2.0 A/T tahun 2009 Rp.315juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.0 E M/T facelift tahun 2008 Rp.175juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.0 E M/T Facelift tahun 2009 Rp.180juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.0 E M/T tahun 2004 Rp.130juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.0 E M/T tahun 2005 Rp.135juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.0 E M/T tahun 2006 Rp.140juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.0 E M/T tahun 2007 Rp.155juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.0 E tahun 2008 Rp.155juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T Facelift tahun 2008 Rp.180juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T tahun 2004 Rp.160juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T tahun 2005 Rp.165juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T tahun 2006 Rp.170juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T tahun 2007 Rp.175juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.0 J M/T tahun 2010 Rp.160juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 E D-4D Diesel tahun 2004 Rp.155juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 E D-4D Diesel tahun 2005 Rp.160juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 E D-4D Diesel tahun 2006 Rp.165juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 G D-4D Diesel A/T tahun 2004 Rp.170juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 G D-4D Diesel A/T tahun 2005 Rp.180juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 G D-4D Diesel A/T tahun 2006 Rp.185juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 G D-4D Diesel A/T tahun 2007 Rp.195juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 G D-4D Diesel A/T tahun 2008 Rp.210juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 G D-4D Diesel A/T tahun 2009 Rp.215juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 G D-4D Diesel A/T tahun 2010 Rp.220juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 G D-4D Diesel M/T tahun 2004 Rp.165juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 G D-4D Diesel M/T tahun 2005 Rp.175juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 G D-4D Diesel M/T tahun 2006 Rp. 185juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 G D-4D Diesel M/T tahun 2007 Rp. 190juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 G D-4D Diesel M/T tahun 2008 Rp. 200juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 G D-4D Diesel M/T tahun 2009 Rp. 210juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 V D-4D Diesel A/T tahun 2004 Rp. 190juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 V D-4D Diesel A/T tahun 2005 Rp. 200juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 V D-4D Diesel A/T tahun 2006 Rp. 210juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 V D-4D Diesel A/T tahun 2007 Rp. 215juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 V D-4D Diesel A/T tahun 2008 Rp. 225juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 V D-4D Diesel A/T tahun 2009 Rp. 235juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 V D-4D Diesel A/T tahun 2010 Rp. 250juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 V D-4D Diesel M/T tahun 2004 Rp. 165juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 V D-4D Diesel M/T tahun 2005 Rp. 175juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 V D-4D Diesel M/T tahun 2006 Rp. 185juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 V D-4D Diesel M/T tahun 2007 Rp. 200juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 V D-4D Diesel M/T tahun 2008 Rp. 210juta
Harga Toyota Kijang Innova 2.5 V D-4D Diesel M/T tahun 2009 Rp. 215juta
Harga Toyota Kijang Innova G A/T facelift tahun 2008 Rp. 190juta
Harga Toyota Kijang Innova G A/T facelift tahun 2009 Rp. 205juta
Harga Toyota Kijang Innova G A/T tahun 2004 Rp. 165juta
Harga Toyota Kijang Innova G A/T tahun 2005 Rp. 170juta
Harga Toyota Kijang Innova G A/T tahun 2006 Rp. 175juta
Harga Toyota Kijang Innova G A/T tahun 2007 Rp. 180juta
Harga Toyota Kijang Innova G A/T tahun 2008 Rp. 180juta
Harga Toyota Kijang Innova V 2.7 A/T tahun 2005 Rp. 185juta
Harga Toyota Kijang Innova V A/T tahun 2004 Rp. 165juta
Harga Toyota Kijang Innova V A/T tahun 2005 Rp. 170juta
Harga Toyota Kijang Innova V A/T tahun 2006 Rp. 175juta
Harga Toyota Kijang Innova V A/T tahun 2007 Rp. 180juta
Harga Toyota Kijang Innova V A/T tahun 2008 Rp. 185juta
Harga Toyota Kijang Innova V A/T tahun 2009 Rp. 190juta
Harga Toyota Kijang Innova V M/T tahun 2004 Rp. 170juta
Harga Toyota Kijang Innova V M/T tahun 2005 Rp. 175juta
Harga Toyota Kijang Innova V M/T tahun 2006 Rp. 180juta
Harga Toyota Kijang Innova V M/T tahun 2007 Rp. 185juta
Harga Toyota Kijang Innova V M/T tahun 2008 Rp. 195juta
Harga Toyota Kijang Innova V M/T tahun 2009 Rp. 200juta
Harga Toyota New Vios G A/T tahun 2006 Rp. 160juta
Harga Toyota New Vios G A/T tahun 2007 Rp. 165juta
Harga Toyota New Vios G A/T tahun 2008 Rp. 170juta
Harga Toyota New Vios G A/T tahun 2009 Rp. 175juta
Harga Toyota New Vios G M/T tahun 2006 Rp. 150juta
Harga Toyota New Vios G M/T tahun 2007 Rp. 155juta
Harga Toyota New Vios G M/T tahun 2008 Rp. 160juta
Harga Toyota New Vios G M/T tahun 2009 Rp. 170juta
Harga Toyota Rush G M/T tahun 2007 Rp. 140juta
Harga Toyota Rush G M/T tahun 2008 Rp. 145juta
Harga Toyota Rush G M/T tahun 2009 Rp. 150juta
Harga Toyota Rush S A/T tahun 2007 Rp. 160juta
Harga Toyota Rush S A/T tahun 2008 Rp. 170juta
Harga Toyota Rush S A/T tahun 2009 Rp. 175juta
Harga Toyota Rush S A/T tahun 2010 Rp. 185juta
Harga Toyota Rush S M/T tahun 2007 Rp. 155juta
Harga Toyota Rush S M/T tahun 2008 Rp. 160juta
Harga Toyota Rush S M/T tahun 2009 Rp. 170juta
Harga Toyota Yaris E A/T tahun 2006 Rp. 130juta
Harga Toyota Yaris E A/T tahun 2007 Rp. 135juta
Harga Toyota Yaris E A/T tahun 2008 Rp. 140juta
Harga Toyota Yaris E A/T tahun 2009 Rp. 145juta
Harga Toyota Yaris E M/T tahun 2006 Rp. 120juta
Harga Toyota Yaris E M/T tahun 2007 Rp. 125juta
Harga Toyota Yaris E M/T tahun 2008 Rp. 130juta
Harga Toyota Yaris E M/T tahun 2009 Rp. 135juta
Harga Toyota Yaris J A/T tahun 2008 Rp. 135juta
Harga Toyota Yaris J A/T tahun 2009 Rp. 140juta
Harga Toyota Yaris S A/T tahun 2006 Rp. 140juta
Harga Toyota Yaris S A/T tahun 2007 Rp. 145juta
Harga Toyota Yaris S A/T tahun 2008 Rp. 150juta
Harga Toyota Yaris S A/T tahun 2009 Rp. 165juta
Harga Toyota Yaris S M/T tahun 2006 Rp. 135juta
Harga Toyota Yaris S M/T tahun 2007 Rp. 140juta
Harga Toyota Yaris S M/T tahun 2008 Rp. 145juta
Harga Toyota Yaris S M/T tahun 2009 Rp. 150juta
Harga Toyota Avanza bekas dapat dilihat pada informasi terbaru situs pasaran harga dengan judul harga Toyota Avanza bekas murah.
NB: Bahwa kisaran prediksi pada Pasaran harga di atas tidaklah baku, tergantung kondisi mesin mobil, body / warna cat, kelengkapan aksesoris, nomor plat polisi / kelengkapan surat.
Lihat juga kisaran harga mobil Toyota Corolla murah di bawah Rp.100 jutaan.
Demikian harga pasaran mobil Toyota bekas update berlaku bulan Januari tahun 2016. Terima kasih telah berkunjung ke situs pasaran harga yang selalu diperbaharu setiap saat.
Bagi anda yang sedang mencari berapa harga mobil Kijang Kapsul bekas dapat menemukannya di web pasaran harga yang sedang anda baca sekarang ini.

Monday, August 17, 2015

Daftar Harga Toyota Agya Di Bursa Mobil Bekas Bulan Januari tahun 2016

Toyota Agya sebagai mobil untuk transportasi kendaraan terlihat mungil, lucu dan sangat menarik. Terlebih warna mobil Agya yang ada baik itu putih, silver, merah, biru, hitam dan sebagainya, semua sangat menarik para konsumen untuk membelinya. Kali ini pasaran harga menyampaikan list harga Agya bekas paling murah di pulau Jawa; Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi.

Daftar harga Toyota Agya bekas tersebut terdiri dari type dan jenis model baik manual maupun matic. Selain itu pula yang mempengaruhi harga mobil tersebut adalah kondisi barang yang mulus dan tahun perakitan / pembuatan.

Berikut harga standar Toyota Agya tahun pembuatan / perakitan diproduksi oleh pabrik th. 2011, 2012, 2013, 2014 dan 2015 :
  • Harga Toyota Agya bekas Type G M/T tahun 2014 Rp. 75.000.000,-
  • Harga Toyota Agya second Type E M/T tahun 2013 Rp. 80.000.000,-
  • Harga Toyota Agya 2nd Type E A/T matic tahun Rp. 81.750.000,-
  • Harga Toyota Agya bekas Type TRD S M/T tahun 2014 Rp. 95.650.000,-
  • Harga Toyota Agya bekas Type G A/T tahun 2014 Rp. 97.750.000,-
  • Harga Toyota Agya Type bekas TRD S A/T tahun 2014 Rp. 100.250.000,-
Bagi anda yang sedang mencari mobil Toyota Agya mulus di manapun berada seperti Sumatera, Aceh, Riau, Batam, Manado, Jawa Barat, Maluku, Pontianak, Pekanbaru, Bali, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali dan lainnya daftar harga di atas dapat menjadi acuan mendapatkan harga paling murah untuk mobil Toyota Agya bekas / second.

Tak ada salahnya jika sebelum memutuskan membeli mobil bekas termasuk Toyota Agya atau juga Avanza second murah agar melihat benar-benar kondisi barang terutama mesin dan kaki-kaki. Alternatif lain jika berkenan barangkali minat memiliki mobil bekas handal dapat dibaca di daftar harga Chevrolet bekas terbaru.

Itulah daftar harga mobil Toyota Agya bekas Bulan Januari tahun 2016 yang dapat admin sampaikan di situs pasaran harga sekarang ini.

Thursday, August 13, 2015

Harga Pasaran Yamaha Mio Fino Bekas Bulan Januari tahun 2016

Motor Yamaha Mio Fino baik model Classic, Fashion maupun FI Sporty sekarang ini dapat dikatakan sedang naik daun karena penjualan semakin meningkat dari sejak awal peluncurannya di tahun 2012. Kecenderungan banyak yang menjatuhkan pilihan pada motor MIO Fino mungkin karena body yang terkesan classic namun model tampilan begitu menggemaskan.

Kelebihan selanjutnya konsumen tentu melihat motor Yamaha Fino dari sisi kekuatan body terkesan lebih kuat sebab terbuat dari dua jenis bahan utama yaitu ; plat kaleng dan fiber plastik tebal. Sementara dari sisi kelincahan tak diragukan lagi sebab postur yang diterapkan seperti halnya Mio pada umumnya yang terkenal dengan agresifitasnya. Sekelas dan sebanding motor ini model Scoopy produksi keluaran Honda.

Pencari motor Yamaha Fino di dunia maya maupun di dunia real melalui dealer ataupun showroom bekas telah meramaikan bursa penjualan otomotif di Indonesia. Standar pasaran harga motor Yamaha Fino bekas di beberapa daerah seperti Sumatera Barat, Jakarta, Medan, Bengkulu, Aceh, Jawa Tengah, Surabaya, Pontianak, Kalimantan, Sulawesi dan berbagai kota / kabupaten maupun provinsi lainnya tentu berbeda satu sama lainnya.

Informasi pada daftar harga Yamaha Mio Fino bekas / second 2nd berikut dapat menjadi patokan harga jual maupun beli di bursa mokas terbaru bulan Januari tahun 2016.
  • Harga Mio Fino tahun 2012 Rp. 8.000.000
  • Harga Mio Fino tahun 2013 Rp. 9.700.000
  • Harga Mio Fino tahun 2014 Rp. 11.500.000
NB. Kisaran Harga Mio Fino tersebut pada level termurah di bursa pasaran Yamaha bekas. Selain itu faktor lain untuk harga jual Mio Fino bekas tergantung kelengkapan aksesoris, surat-surat kepolisian, keutuhan warna cat, dan lain sebagainya.

Berminat memiliki Yamaha Mio Fino ? disarankan terlebih dahulu mengetahui info spesifikasi sebelum memutuskan untuk membelinya. Yamaha Mio Fino dirancang dengan body khusus tampak muka dengan lampu depan besar dan batang stang tanpa pembungkus. Mesin silinder tunggal sebesar 125 cc, type 4 Langkah, 2 Valve SOHC. Dengan mesin sebesar itu menghasilkan Daya maksimum 7,75 PS (5.7 kW) / 8.500 rpm dengan Torsi maksimum 8,5 N.m / 5.000 rpm

Motor Yamaha Mio Fino menggunakan sistem Fuel Injection System YMJET-FI. Sedangkan untuk berat isi sebesar 95 kg dan kapasitas tangki berukuran 4,8 liter. Pengereman untuk depan menggunakan Cakram dan untuk rem belakang menggunakan Tromol.
Demikian telah disampaikan berapa harga motor Yamaha Mio Fino bekas terbaru di bursa pasaran mokas saat sekarang ini. Semoga bermanfaat.

Tuesday, August 11, 2015

perbedaan 2 tak dan 4 tak

PENGERTIAN DAN CARA KERJA MESIN 4 TAK, 2 TAK

4 TAK

Four stroke engine adalah sebuah mesin dimana untuk menghasilkan sebuah tenaga memerlukan empat proses langkah naik-turun piston, dua kali rotasi kruk as, dan satu putaran noken as (camshaft).
Empat proses tersebut terbagi dalam siklus :
Langkah hisap : Bertujuan untuk memasukkan kabut udara – bahan bakar ke dalam silinder.  Sebagaimana tenaga mesin diproduksi tergantung dari jumlah bahan-bakar yang terbakar selama proses pembakaran.
Prosesnya adalah ;
  1. Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB).
  2. Klep inlet terbuka, bahan bakar masuk ke silinder
  3. Kruk As berputar 180 derajat
  4. Noken As berputar 90 derajat
  5. Tekanan negatif piston menghisap kabut udara-bahan bakar masuk ke silinder
—————————————————————————————————————————————–
LANGKAH KOMPRESI
Langkah Kompresi
Langkah Kompresi
Dimulai saat klep inlet menutup dan piston terdorong ke arah ruang bakar akibat momentum dari kruk as dan flywheel.
Tujuan dari langkah kompresi adalah untuk meningkatkan temperatur sehingga campuran udara-bahan bakar dapat bersenyawa. Rasio kompresi ini juga nantinya berhubungan erat dengan produksi tenaga.
Prosesnya sebagai berikut :
  1. Piston bergerak kembali dari TMB ke TMA
  2. Klep In menutup, Klep Ex tetap tertutup
  3. Bahan Bakar termampatkan ke dalam kubah pembakaran (combustion chamber)
  4. Sekitar 15 derajat sebelum TMA , busi mulai menyalakan bunga api dan memulai proses pembakaran
  5. Kruk as mencapai satu rotasi penuh (360 derajat)
  6. Noken as mencapai 180 derajat
—————————————————————————————————————————————–
LANGKAH TENAGA
Langkah Tenaga
Langkah Tenaga
Dimulai ketika campuran udara/bahan-bakar dinyalakan oleh busi. Dengan cepat campuran yang terbakar ini merambat dan terjadilah ledakan yang tertahan oleh dinding kepala silinder sehingga menimbulkan tendangan balik bertekanan tinggi yang mendorong piston turun ke silinder bore. Gerakan linier dari piston ini dirubah menjadi gerak rotasi oleh kruk as. Enersi rotasi diteruskan sebagai momentum menuju flywheel yang bukan hanya menghasilkan tenaga, counter balance weight pada kruk as membantu piston melakukan siklus berikutnya.
Prosesnya sebagai berikut :
  1. Ledakan tercipta secara sempurna di ruang bakar
  2. Piston terlempar dari TMA menuju TMB
  3. Klep inlet menutup penuh, sedangkan menjelang akhir langkah usaha klep buang mulai sedikit terbuka.
  4. Terjadi transformasi energi gerak bolak-balik piston menjadi energi rotasi kruk as
  5. Putaran Kruk As mencapai 540 derajat
  6. Putaran Noken As 270 derajat
—————————————————————————————————————————————–
LANGKAH BUANG
Exhaust stroke
Exhaust stroke
Langkah buang menjadi sangat penting untuk menghasilkan operasi kinerja mesin yang lembut dan efisien. Piston bergerak mendorong gas sisa pembakaran keluar dari silinder menuju pipa knalpot. Proses ini harus dilakukan dengan total, dikarenakan sedikit saja terdapat gas sisa pembakaran yang tercampur bersama pemasukkan gas baru akan mereduksi potensial tenaga yang dihasilkan.
Prosesnya adalah :
  1. Counter balance weight pada kruk as memberikan gaya normal untuk menggerakkan piston dari TMB ke TMA
  2. Klep Ex terbuka Sempurna, Klep Inlet menutup penuh
  3. Gas sisa hasil pembakaran didesak keluar oleh piston melalui port exhaust menuju knalpot
  4. Kruk as melakukan 2 rotasi penuh (720 derajat)
  5. Noken as menyelesaikan 1 rotasi penuh (360 derajat)
—————————————————————————————————————————————–
FINISHING PENTING — OVERLAPING
Overlap adalah sebuah kondisi dimana kedua klep intake dan out berada dalam possisi sedikit terbuka pada akhir langkah buang hingga awal langkah hisap.
Berfungsi untuk efisiensi kinerja dalam mesin pembakaran dalam. Adanya hambatan dari kinerja mekanis klep dan inersia udara di dalam manifold, maka sangat diperlukan untuk mulai membuka klep masuk sebelum piston mencapai TMA di akhir langkah buang untuk mempersiapkan langkah hisap. Dengan tujuan untuk menyisihkan semua gas sisa pembakaran, klep buang tetap terbuka hingga setelah TMA. Derajat overlaping sangat tergantung dari desain mesin dan seberapa cepat mesin ini ingin bekerja.
manfaat dari proses overlaping :
  1. Sebagai pembilasan ruang bakar, piston, silinder dari sisa-sisa pembakaran
  2. Pendinginan suhu di ruang bakar
  3. Membantu exhasut scavanging (pelepasan gas buang)
  4. memaksimalkan proses pemasukkan bahan-bakar
2 TAK

Mesin dua tak adalah mesin pembakaran dalam yang dalam satu siklus pembakaran terjadi dua langkah piston, berbeda dengan putaran empat-tak yang mempunyai empat langkah piston dalam satu siklus pembakaran, meskipun keempat proses (intake, kompresi, tenaga, pembuangan) juga terjadi.
Mesin dua tak juga telah digunakan dalam mesin diesel, terutama rancangan piston berlawanan, kendaraan kecepatan rendah seperti mesin kapal besar, dan mesin V8 untuk truk dan kendaraan berat lainnya.

Animasi cara kerja mesin dua tak.

Prinsip kerja

Untuk memahami prinsip kerja, perlu dimengerti istilah baku yang berlaku dalam teknik otomotif :
  • TMA (titik mati atas) atau TDC (top dead centre), posisi piston berada pada titik paling atas dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling jauh dari poros engkol (crankshaft).
  • TMB (titik mati bawah) atau BDC (bottom dead centre), posisi piston berada pada titik paling bawah dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling dekat dengan poros engkol (crankshaft).
  • Ruang bilas yaitu ruangan dibawah piston dimana terdapat poros engkol (crankshaft), sering disebut dengan bak engkol (crankcase) berfungsi gas hasil campuran udara, bahan bakar dan pelumas bisa tercampur lebih merata.
  • Pembilasan (scavenging) yaitu proses pengeluaran gas hasil pembakaran dan proses pemasukan gas untuk pembakaran dalam ruang bakar.

Langkah kesatu

Piston bergerak dari TMA ke TMB.
  1. Pada saat piston bergerak dari TMA ke TMB, maka akan menekan ruang bilas yang berada di bawah piston. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB, tekanan di ruang bilas semakin meningkat.
  2. Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan gas dan lubang pemasukan gas. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain perancang. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu.
  3. Pada saat ring piston melewati lubang pembuangan, gas di dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.
  4. Pada saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan dalam ruang bilas akan terpompa masuk dalam ruang bakar sekaligus mendorong gas yang ada dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.
  5. Piston terus menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang bilas masuk ke dalam ruang bakar

Langkah kedua

Piston bergerak dari TMB ke TMA.
  1. Pada saat piston bergerak TMB ke TMA, maka akan menghisap gas hasil percampuran udara, bahan bakar dan pelumas masuk ke dalam ruang bilas. Percampuran ini dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi. (Lihat pula:Sistem bahan bakar)
  2. Saat melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan, piston akan mengkompresi gas yang terjebak dalam ruang bakar.
  3. Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai TMA.
  4. Beberapa saat sebelum piston sampai di TMA, busi menyala untuk membakar gas dalam ruang bakar. Waktu nyala busi sebelum piston sampai TMA dengan tujuan agar puncak tekanan dalam ruang bakar akibat pembakaran terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA ke TMB karena proses pembakaran sendiri memerlukan waktu dari mulai nyala busi sampai gas terbakar dengan sempurna.

Perbedaan desain dengan mesin empat tak

  • Pada mesin dua tak, dalam satu kali putaran poros engkol (crankshaft) terjadi satu kali proses pembakaran sedangkan pada mesin empat tak, sekali proses pembakaran terjadi dalam dua kali putaran poros engkol.
  • Pada mesin empat tak, memerlukan mekanisme katup (valve mechanism) dalam bekerja dengan fungsi membuka dan menutup lubang pemasukan dan lubang pembuangan, sedangkan pada mesin dua tak, piston dan ring piston berfungsi untuk menbuka dan menutup lubang pemasukan dan lubang pembuangan. Pada awalnya mesin dua tak tidak dilengkapi dengan katup, dalam perkembangannya katup satu arah (one way valve) dipasang antara ruang bilas dengan karburator dengan tujuan :
    1. Agar gas yang sudah masuk dalam ruang bilas tidak kembali ke karburator.
    2. Menjaga tekanan dalam ruang bilas saat piston mengkompresi ruang bilas.
  • Lubang pemasukan dan lubang pembuangan pada mesin dua tak terdapat pada dinding silinder, sedangkan pada mesin empat tak terdapat pada kepala silinder (cylinder head). Ini adalah alasan paling utama mesin 4 tak tidak menggunakan oli samping.

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan mesin dua tak

Dibandingkan mesin empat tak, kelebihan mesin dua tak adalah :
  1. Mesin dua tak lebih bertenaga dibandingkan mesin empat tak.
  2. Mesin dua tak lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin empat tak.
    • Kombinasi kedua kelebihan di atas menjadikan rasio berat terhadap tenaga (power to weight ratio) mesin dua lebih baik dibandingkan mesin empat tak.
  3. Mesin dua tak lebih murah biaya produksinya karena konstruksinya yang sederhana.
Meskipun memiliki kelebihan tersebut di atas, jarang digunakan dalam aplikasi kendaraan terutama mobil karena memiliki kekurangan.

Kekurangan mesin dua tak

Kekurangan mesin dua tak dibandingkan mesin empat tak
  1. Efisiensi mesin dua tak lebih rendah dibandingkan mesin empat tak.
  2. Mesin dua tak memerlukan oli yang dicampur dengan bahan bakar (oli samping/two stroke oil) untuk pelumasan silinder mesin.
    • Kedua hal di atas mengakibatkan biaya operasional mesin dua tak lebih tinggi dibandingkan mesin empat tak.
  3. Mesin dua tak menghasilkan polusi udara lebih banyak, polusi terjadi dari pembakaran oli samping dan gas dari ruang bilas yang terlolos masuk langsung ke lubang pembuangan.
  4. Pelumasan mesin dua tak tidak sebaik mesin empat tak, mengakibatkan usia suku cadang dalam komponen ruang bakar relatif lebih rendah.

Mesin 2 tak




Mesin 2 Tak

Untitled

Pertama-tama, sebelum membahas lebih dalam tentang 2 tak dan 4 tak, dalam mesin itu terdapat 4 siklus yaitu siklus hisap/intake, siklus kompresi/compression, siklus ledak/power dan siklus buang/exhaust. Kita bakal membahas 2 terlebih dahulu. Dalam mesin 2 tak, 1 kali putaran kruk as/crankshaft (360 derajat) terdapat 4 siklus, jadi setengah putaran (180 derajat) melakukan 2 siklus. Dimana, pada mesin 2 tak tidak memakai klep/valve dan noken as/camshaft seperti di mesin 4 tak, sebagai gantinya mesin 2 tak memakai membran yang berada setelah karburator.
Selain itu, karena mesin 2 tak dalam 1 putaran kruk as/crankshaft melaksanakan 4 siklus, mesin 2 tak ini lebih responsif dan akselerasinya bagus. Akan tetapi, mesin ini mengeluarkan tenaga yang besar pada saat putaran/RPM tinggi sehingga membuat mesin ini meminum bahan bakar yang lumayan banyak, akan tetapi mesin ini menghasilkan tenaga yang lebih besar dibandingkan mesin 4 tak. Minuman mesin ini tak hanya bensin, tetapi mesin ini minta bensin tersebut dioplos dengan oli khusus yang biasa disebut oli samping untuk sekalian melumasi bagian dalam mesin. Jadi oli mesin hanya melumasi bagian transmisi. Itu lah kenapa mesin 2 tak fogging atau berasap knalpotnya, karena membakar oli samping.
Mesin 2 tak cenderung lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin 4 tak, sehingga rasio berat terhadap tenaga (power to weight ratio) mesin dua tak lebih baik dibandingkan mesin empat tak. Itu sedikit tentang mesin 2 tak, mari kita buka lebih dalam bagaimana siklus 2 tak.

mesin 2 tak dan 4 tak

Langkah ke 1
Piston bergerak dari TMA ke TMB.
  1. Saat bergerak dari TMA ke TMB, piston akan menekan ruang bilas yang berada di bawahnya. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB akan semakin meningkat pula tekanan di ruang bilas.
  2. Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan gas dan lubang pemasukan gas. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain perancang. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu.
  3. Pada saat ring piston melewati lubang pembuangan, gas di dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.
  4. Pada saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan di dalam ruang bilas akan terpompa masuk ke dalam ruang bakar, sekaligus mendorong keluar gas yang ada di dalam ruang bakar menuju lubang pembuangan.
  5. Piston terus menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang bilas menuju ke dalam ruang bakar.
Langkah ke 2
Piston bergerak dari TMB ke TMA.
  1. Saat bergerak dari TMB ke TMA, piston akan menghisap gas hasil percampuran udara, bahan bakar dan pelumas ke dalam ruang bilas. Percampuran ini dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi.
  2. Saat melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan, piston akan mengkompresi gas yang terjebak di dalam ruang bakar.
  3. Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai TMA.
  4. Beberapa saat sebelum piston sampai di TMA, busi akan menyala untuk membakar gas dalam ruang bakar. Waktu nyala busi tidak terjadi saat piston sampai ke TMA, melainkan terjadi sebelumnya. Ini dimaksudkan agar puncak tekanan akibat pembakaran dalam ruang bakar bisa terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA ke TMB, karena proses pembakaran membutuhkan waktu untuk bisa membuat gas terbakar dengan sempurna oleh nyala api busi.


Mesin 4 Tak

mesin 2 tak dan 4 tak 1

Mesin 4 tak itu mesin yang melumasi 4 siklus mesin bakar dengan melakukan 2 putaran kruk as/crankshaft. Mesin ini berputar 2 kali atau 720 derajat untuk melakukan 4 siklus, sehingga 1 putaran kruk as/crankshaft (360 derajat) melakukan 2 siklus. Dimana, mesin ini kurang responsif dibandingkan mesin 2 tak tetapi mesin ini lebih effisien. Mesin ini lebih ramah lingkungan karena mesin ini hanya meminum bensin saja, tidak ada oli samping. Mesin ini mengeluarkan tenaga relatif di putaran/RPM lebih rendah dibandingkan mesin 2 tak, dan tenaga yang dikeluarkan lebih rendah juga.
Mesin ini menggunakan klep/valve yang digerakan oleh noken as yang tidak dipakai oleh mesin 2 tak, sehingga semua siklus yang harus dilakukan lebih sempurna. Pada mesin motor, oli mesin 4 tak menjadi 1 untuk melumasi keseluruhan mesin dan transmisi pada mobil tetap terpisah karena saluran oli mesin dan transmisi terpisah.
Mari kita bahas lebih dalam tentang siklusnya mesin 4 tak.

mesin 2 tak dan 4 tak 2
Langkah ke 1 
Piston bergerak dari TMA ke TMB, posisi katup masuk terbuka dan katup keluar tertutup, mengakibatkan udara (mesin diesel) atau gas (sebagian besar mesin bensin) terhisap masuk ke dalam ruang bakar. Proses udara atau gas sebelum masuk ke ruang bakar dapat dilihat pada sistem pemasukkan.
Langkah ke 2 
Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk dan keluar tertutup, mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi TMA, waktu penyalaan (timing ignition) terjadi (pada mesin bensin berupa nyala busi sedangkan pada mesin diesel berupa semprotan (suntikan) bahan bakar).
Langkah ke 3 
Gas yang terbakar dalam ruang bakar akan meningkatkan tekanan dalam ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari TMA ke TMB. Langkah ini adalah proses yang akan menghasilkan tenaga.
Langkah ke 4
Piston bergerak dari TMB ke TMA, Posisi katup masuk terutup dan katup keluar terbuka, mendorong sisa gas pembakaran menuju ke katup keluar yang sedang terbuka untuk diteruskan ke lubang pembuangan.
Kesimpulannya mari kita lihat dalam tabel dibawah ini.

PERBEDAAN 2 TAK DAN 4 TAK
2 TAK
4 TAK
a. Dalam 1 siklus pembakaran hanya membutuhkan 1 putaran mesina. dalam 1 siklus pembakaran membutuhkan 2 putaran mesin
b. memakai membrane sebagai pengganti klep/valveb. menggunakan klep/valve
c. tidak menggunakan noken as/camshaftc. menggunakan noken as/camshaft
d. memiliki kompresi primer dan sekunderd. hanya memiliki kompresi primer
e. lebih responsif / akselerasi bagusf. kurang responsif / akselerasi kurang dari pada mesin 2 tak
f. menggunakan oli samping yang tercampur dengan bensin untuk pelumasan kruk as / crankshaftg. hanya menggunakan oli dan tidak tercampur oleh bensin untuk pelumasan kruk as / crankshaft



Sunday, August 2, 2015

Harga Honda Scoopy Bekas dan Simulasi Kredit Motor Baru

Harga Honda Scoopy bekas dan baru - Motor matic yang satu ini tergolong motor yang laku di pasaran dan banyak diburu khususnya oleh para wanita yang ingin tampil beda dan lebih percaya diri. Perempuan kantor lebih cocok menggunakan kendaraan bermotor roda dua model Honda Scoopy yang akan terlihat elegan, mewah anggun dan pantas dikendarai dengan tema yang diberikan retro klasik.

Antusias masyarakat yang begitu hebat dalam pembelian dan penjualan motor Honda Scoopy di dealer maupun showroom resmi AHM (Astrea Motor Honda) berakibat pada stabilnya harga pasaran khususnya untuk motor bekas.

Adapun harga motor Honda scoopy bekas di beberapa daerah di Indonesia seperti Provinsi Jawa Barat, Kalimantan, Makasar, Surabaya, Semarang, Pontianak, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat dan pelosok kota maupun kabupaten lain tergolong masih bertahan pada harga standar yang berlaku di area tersebut. Tentunya kisaran harga sangat tergantung faktor lain yang dapat mempengaruhinya seperti kondisi mesin yang masih mulus, plat nomor polisi, kelengkapan surat dan aksesoris motor.
Daftar tabel Harga motor Honda Scoopy PGM FI bekas terbaru
  • Harga Honda Scoopy tahun 2010 Rp. 8.000.000
  • Harga Honda Scoopy tahun 2011 Rp. 9.200.000
  • Harga Honda Scoopy tahun 2012 Rp. 10.050.000
  • Harga Honda Scoopy tahun 2013 Rp. 11 150.000
  • Harga Honda Scoopy tahun 2014 Rp. 12.250.000
NB. Standar di atas dapat saja berubah tergantung kondisi dan keadaan motor Scoopy bekas yang dijual.

Sedangkan untuk Motor Honda Scoopy baru seperti halnya produksi sebelumnya menggunakan teknologi Full Injection (FI) yang irit bahan bakar dengan besar isi silinder 125cc. Mengacu pada situs resmi motor Honda banderol patokan harga jual Honda Scoopy FI OTR Jabodetabek di angka minimal Rp. 14.450.000,- dan harga tertinggi Rp. 15.750.000,-

Tabel Simulasi KREDIT Motor Baru SCOOPY FI update bulan Januari tahun 2016
TIPE
MOTOR

UANG MUKA
ANGSURAN BULANAN
11x
17x
23x
27x
33x
SCOOPY FI

OTR 15.750.000
3.200
1.658
1.145
901
816
714
3.350
1.643
1.134
892
808
709
3.500
1.629
1.122
883
800
703
3.750
1.602
1.103
868
786
691
4.000
1.574
1.084
852
772
680
4.250
1.547
1.064
837
759
669
4.500
1.522
1.047
823
747
657
4.750
1.497
1.030
810
735
645
5.000
1.471
1.013
796
723
633
5.250
1.446
995
782
711
621
5.500
1.420
978
768
699
609
5.750
1.396
960
753
685
597
6.000
1.371
942
739
672
586
6.500
1.314
902
707
643
561
7.000
1.257
863
675
614
537
7.500
1.199
822
644
585
512
Demikian informasi Honda Scoopy Bekas dan Simulasi Kredit Motor Baru sebagai acuan untuk anda mendapatkan termurah di bursa harga motor Honda bekas sekarang ini. Semoga bermanfaat.
Dapatkan informasi menarik lainnya terkait harga paling murah dan bersaing di pasaran saat sekarang ini.