Saturday, April 25, 2015

sistem pelumasan


KOMPONEN UTAMA MESIN

 MESIN
URAIAN
Seperti kita ketahui roda-roda suatu kendaraan
memerlukan adanya tenaga luar yang
memungkinkan kendaraan dapat bergerak serta
dapat mengatasi keadaan, jalan, udara, dan
sebagainya. Sumber dari luar yang menghasilkan
tenaga disebut mesin. Mesin merupakan alat yang
merubah sumber tenaga panas, listrik, air, angin,
tenaga atom, atau sumber tenaga lainnya menjadi
tenaga mekanik (mechanical energy). Mesin yang
merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik
disebut motor bakar (thermal engine).
Motor bakar ada beberapa macam. Mesin bensin,
mesin diesel, mesin turbin dan lainnya, yang
menghasilkan tenaga panas yang dihasilkan dari
dalam mesin itu sendiri, disebut motor pembakaran
dalam (Internal Combustion Engine). Sebagai
contohnya, mesin bensin, mesin diesel, mesin
turbin. Tenaga panas yang dihasilkan diluar dari
mesin itu sendiri disebut motor pembakaran luar
(External Combustion Engine).
Mesin yang tenaganya digunakan pada kendaraan
harus kompak, ringan dan mudah ditempatkan
pada ruangan yang terbatas. Selain itu mesin harus
dapat menghasilkan kecepatan yang tinggi dan
tenaga yang besar, mudah dioperasikan dan sedikit
menimbulkan noise. Oleh sebab itu mesin bensin
dan diesel umumnya lebih banyak digunakan pada
kendaraan.
 KARAKTERISTIK
Karakteristik mesin bensin dan mesin diesel adalah sebagai berikut.
Mesin bensin :
–– Kecepatannya tinggi dan tenaganya besar
–– Mudah pengoperasiannya
–– Pembakarannya sempurna
–– Umumnya digunakan untuk kendaraan penumpang dan kendaraan truk yang kecil, dan sebagainya
Mesin diesel :
–– Efisiensi panasnya tinggi
–– Bahan bakarnya hemat
–– Kecepatannya lebih rendah di banding mesin bensin
–– Getarannya besar dan agak berisik
 MESIN BENSIN
1. PRINSIP KERJA MESIN BENSIN
Mari kita perhatikan bagaimana mesin bensin
mengubah bahan bakar menjadi tenaga. Dalam
gambar skema mesin bensin, campuran udara
dan bensin dihisap ke dalam cylinder. Kemudian
dikompresikan oleh piston saat bergerak naik. Bila
campuran udara–bahan bakar terbakar dengan
adanya api dari busi yang panas sekali, maka akan
menghasilkan tekanan gas pembakaran yang besar
di dalam cylinder. Tekanan gas pembakaran ini
mendorong piston ke bawah, yang menggerakkan
piston turun naik dengan bebas di dalam cylinder.
Dari gerak putar (naik turun) piston dirubah menjadi
gerak putar pada crankshaft melalui connecting
rod. Gerak putar inilah yang menghasilkan tenaga
pada kendaraan.
 Campuran udara–bahan bakar dihisap ke dalam
cylinder dan gas yang telah terbakar harus
keluar, dan ini harus berlangsung secara tetap.
Pekerjaan ini dilakukan dengan adanya gerakan
piston yang naik-turun di dalam cylinder. Proses
menghisap campuran udara–bahan bakar ke
dalam cylinder, mengkompresikan, membakarnya
dan mengeluarkan gas bekas dari cylinder, disebut
satu siklus.
Ada juga mesin yang tiap siklusnya terdiri dari
dua langkah piston. Mesin ini disebut mesin dua
langkah stroke (Two Stroke Engine). Crankshaft
berputar satu kali selama piston menyelesaikan
dua langkah. Sedangkan mesin lainnya, tiap
siklusnya terdiri dari empat langkah piston. Mesin
ini disebut mesin empat langkah (Four Stroke
Engine). Crankshaft berputar dua putaran penuh
selama piston menyelesaikan empat langkah
dalam tiap satu siklus. Seluruh kendaraan TOYOTA
menggunakan mesin 4 langkah.
PRINSIP KERJANYA
 LANGKAH HlSAP
Dalam langkah ini, campuran udara–bahan bakar
dihisap ke dalam cylinder. Intake valve terbuka
sedangkan exhaust valve tertutup. Waktu piston
bergerak ke bawah menyebabkan ruang cylinder
menjadi vakum, masuknya campuran udara–
bahan bakar ke dalam cylinder disebabkan adanya
tekanan udara luar (atmospheric pressure).
LANGKAH KOMPRESl
Dalam langkah ini, campuran udara–bahan bakar
dikompresikan. Intake valve dan exhaust valve
tertutup. Waktu piston mulai naik dari TMB ke
TMA campuran yang dihisap tadi dikompresikan.
Akibatnya tekanan dan temperaturnya menjadi
naik, sehingga akan mudah terbakar. Crankshaft
berputar satu kali, ketika piston mencapai TMA.
LANGKAH USAHA
Dalam langkah ini, mesin menghasilkan tenaga untuk
menggerakkan kendaraan. Sesaat sebelum piston
mencapai TMA pada saat langkah kompresi, busi
memberi loncatan api pada campuran yang telah
dikompresikan. Dengan terjadinya pembakaran,
kekuatan dari tekanan gas pembakaran yang
tinggi mendorong piston ke bawah. Usaha ini yang
menjadi tenaga mesin (engine power).
LANGKAH BUANG
Dalam langkah ini, gas yang terbakar dibuang
dari dalam cylinder. Exhaust valve terbuka, piston
bergerak dari TMB ke TMA, mendorong gas bekas
keluar dari cylinder.
Ketika piston mencapai TMA, akan mulai bergerak
lagi untuk persiapan berikutnya, yaitu langkah
hisap. Crankshaft telah melakukan 2 putaran
penuh dalam 1 siklus terdiri dari 4 langkah, hisap,
kompresi, usaha, buang yang merupakan dasar
kerja dari pada mesin 4 langkah.
KONSTRUKSI MESIN BENSIN
Mesin bensin terdiri dari mesin itu sendiri dan
berbagai macam alat bantu lainnya. Sedang
mesin itu sendiri terdiri dari cylinder block, cylinder
head, piston, crankshaft, dan mekanisme katup.
Alat bantu lainnya pada mesin dirancang untuk
menolong kerja mesin. Diantaranya, pelumasan,
pendinginan, pemasukan dan pembuangan (Intake
and exhaust), bahan bakar dan sistem kelistrikan.
KOMPONEN MESIN BENSIN
CYLINDER BLOCK (BLOK SILINDER)
Konstruksi
Cylinder block merupakan inti dari mesin, yang
terbuat dari besi tuang. Belakangan ada beberapa
cylinder block yang dibuat dari paduan alumunium.
Seperti kita ketahui, bahwa alumunium ringan
dan meradiasikan panas yang lebih efisiensi
dibandingkan dengan besi tuang. Cylinder block
dilengkapi rangka pada bagian dinding luar untuk
memberikan kekuatan pada mesin dan membantu
meradiasikan panas. Cylinder block terdiri dari
beberapa cylinder bore (lubang tabung silinder),
di dalamnya terdapat piston yang bergerak turunnaik.
Pada bagian atas cylinder ditutup oleh cylinder
head yang dilindungi oleh gasket cylinder head
yang letaknya antara cylinder block dan cylinder
head. Crankcase terpasang di bagian bawah
cylinder block dan crankshaft dan oil pan termasuk
dalam crankscase. Camshaft juga diletakkan dalam
cylinder block, hanya pada tipe OHV (Over Head
Valve). Pada mesin yang modern camshaft berada
di dalam cylinder head.
Cylinder dikelilingi oleh water jacket (aliran
pendingin cylinder) untuk membantu pendinginan.
Perlengkapan lainnya seperti stater, alternator,
fuel pump, distributor dipasangkan pada bagian
samping cylinder block.
CYLINDER HEAD (KEPALA SILINDER)
Konstruksi
Cylinder head ditempatkan dibagian atas cylinder
block. Pada bagian bawah cylinder head terdapat
ruang bakar dan katup-katup. cylinder head harus
tahan terhadap temperatur dan tekanan yang tinggi
selama mesin bekerja. Oleh sebab itu umumnya
cylinder head dibuat dari besi tuang.
Akhir-akhir ini banyak mesin yang cylinder headnya
dibuat dari paduan alumunium. Cylinder head
yang terbuat dari paduan alumunium memiliki
kemampuan pendingin lebih besar dibanding
dengan yang terbuat dari besi tuang.
Pada cylinder head juga dilengkapi water jacket
yang dialiri air pendingin yang datang dari cylinder
block untuk mendinginkan katup-katup dan busi.
Jenis Ruang Bakar
Bentuk ruang bakar sangat berpengaruh dengan
adanya penempatan dua katup dan busi. Ada
beberapa macam atau jenis ruang bakar yang
umum digunakan:
1) Ruang Bakar Model Hemispherical
(Setengah Bulat)
Ruang bakar model hemispherical ini mempunyai
permukaan yang kecil dibanding dengan jenis
ruang bakar lain yang sama kapasitasnya. Ini bararti
panas yang hilang sedikit (efisiensi panasnya tinggi)
dibanding dengan model lainnya. Di samping itu
memungkinkan efisiensi saat intake dan exhaust
lebih tinggi.
Ruang bakar model ini konstruksinya lebih
sempurna, tapi penempatan mekanis katupnya
menjadi lebih rumit.
2) Ruang Bakar Model Wedge
(Baji)
Ruang bakar model wedge ini kehilangan panasnya
juga kecil, konstruksi mekanisme katupnya lebih
sederhana bila dibandingkan dengan ruang bakar
model hemispherical.
3) Ruang Bakar Tipe Bathtup (Bak Mandi)
Ruang bakar model bathtup konstruksinya
sederhana dan biaya produksinya lebih rendah.
Hal ini disebabkan diameter katupnya lebih kecil,
tetapi saat langkah intake atau exhaust kurang
sempurna dibanding dengan jenis ruang bakar
model hemispherical.
4) Ruang Bakar Model Pent Roof
Ruang bakar model pent roof ini umumnya
digunakan pada mesin yang mempunyai jumlah
intake valve atau exhaust valve lebih dari dua
dalam tiap-tiap cylinder, yang disusun sedemikian
rupa antara katup dan camshaft-nya. Disebut model
pent roof sebab membentuk segi empat, baik tegak
atau mendatar. Bila dihubungkan ke titik pusat
akan menyerupai atap suatu bangunan. Model ini
selain memberikan efek semburan yang baik dan
lebih cepat terbakar, juga penempatan businya di
tengah-tengah ruang bakar.
GASKET CYLINDER HEAD
Gasket cylinder head letaknya antara cylinder block
dan cylinder head, fungsinya untuk mencegah
kebocoran gas pembakaran, air pendingin dan
oli. Gasket cylinder head harus tahan panas dan
tekanan dalam setiap perubahan temperatur.
Umumnya gasket dibuat dan carbon-clad sheet steel
(gabungan carbon dengan lempengan baja) karbon
itu sendiri melekat dengan graphite, dan keduaduanya
berfungsi untuk mencegah kebocoran yang
ditimbulkan antara cylinder block dan cylinder head,
serta untuk menambah kemampuan melekat pada
gasket.
OIL PAN (BAK OLI)
Bagian bawah dan pada cylinder block disc-stout
crank case (bak engkol). Oil pan dibaut pada crank
case dengan diberi packing seal atau gasket. Oil
pan dibuat dari baja yang dicetak dan dilengkapi
dengan penyekat (separator) untuk menjaga agar
permukaan oli tetap rata ketika kendaraan pada posisi
miring. Selain itu juga dirancang sedemikian rupa
agar oli mesin tidak akan berpindah (berubah posisi
permukaannya) pada saat kendaraan berhenti secara
tiba-tiba dan menjamin bekerjanya oil pump (pompa
oli) tidak akan kekurangan oli pada setiap saat. Drain
plug (Penyumbat oli) letaknya dibagian bawah oil pan
dan fungsinya untuk mengeluarkan oli mesin bekas.
PISTON (TORAK)
Konstruksi
Piston bergerak turun naik di dalam cylinder untuk
melakukan langkah hisap, kompresi, pembakaran
dan pembuangan. Fungsi utama piston untuk
menerima tekanan pembakaran dan meneruskan
tekanan untuk memutar crankshaft melalui
conneting rod.
Piston terus-menerus menerima temperatur dan
tekanan yang tinggi sehingga harus dapat tahan
saat mesin beroperasi pada kecepatan tinggi untuk
priode waktu yang lama. Pada umumnya piston
dibuat dari paduan alumunium, selain lebih ringan,
radiasi panasnya juga lebih efisien dibandingkan
dengan material lainnya.
Nama bagian-bagian pada piston, seperti
digambarkan di bawah ini.



Friday, April 24, 2015

cara fenderedging

cara fendereging

Honda Super Cub Kini Diproduksi Kembali Tahun 2015

Motor Honda Super Cup telah menjadi legenda tercatat ke dalam sejarah otomotif yang pernah merajai pasar kendaraan di Indonesia. Semenjak diluncurkan model motor Honda Cub dengan berbagai varian dapat dibilang bahwa Honda Super cup yang terkenal. Selain itu juga sejarah mencatat di tahun 2008 produksi motor dari varian ini semenjak diporduksi tahun 1950an sudah mencapai angka 60 juta satuan. Ini merupakan rekor tak tertandingi di dunia otomotif dalam maupun luar negeri.

Model motor Honda semenjak diproduksi motor type pertama diberi nama c100 itu pada tahun 1958 yang pada asalnya masih menggunakan mesin Honda seri F dengan kapasitas 50 cc saja. Sedangkan di tahun 1960 Pabrikan Honda meluncurkan seri kedua dan ketiganya yaitu c102 & c110.

Sampai tahun itu Honda Super Cub terbaru masih berkapasitas mesin 49 cc ohv. Selanjutnya di Th 1965 Honda c50 dipasarkan, kapasitas mesin c50 nyaris sama bersama para pendahulunya tetapi telah mengusung tehnologi ohc. C90 yg memakai kapasitas mesin lebih gede yang keluar di tahun 1966. Kemudian di tahun 1969 Honda mengeluarkan c70 dengan kapasitas mesin 71,8 cc.

Sejarah Honda cub di Indonesia sebagai motor berkualitas, irit, paling banyak diminati masyarakat dengan harga murah. Berdasarkan catatan sejarah otomotif dikatakan bahwa Honda cub mulai beredar di Indonesia di tahun 1961 dengan model Honda c50 atau yg dikenal di Indonesia sebagai Motor Honda Unyil. Mesinnya sendiri berkapasitas 50 cc. Model ini eksis hingga tahun 1965. Lalu pada tahun 1966 hingga 1973 secara berturut-turut perusahaan Motor Honda mengeluarkan c50, c70, dan c90.

Pabrik motor Honda melakukan perubahan terhadap spesifikasi mesin dan body secara besar-besaran. Perubahan tersebut diantaranya posisi headlamp yg berada di stang. Generasi ke tiga Honda cub diproduksi dari thn 1973 hingga 1980. Design bodinya mengalami sekian banyak perubahan dari generasi diawal mulanya. Diantaranya wujud tangki, & model jok yg dibuat menyatu.

Saat itu pula di tahun 1980an Honda meluncurkan pertama kali motor Honda Supercub 700 & 800, dengan perubahan besar-besaran pada rancangan bodi. Selanjutnya disusul munculnya Honda Astrea Star & juga Astrea Prima.

Kini di tahun 2015 Pabrikan motor Honda kembali merilis salah satu product lamanya yang berhasil dipasarkan beberapa puluh tahun lalu. Tetapi, motor Honda Super Cub itu diberi nama baru "Little Cub".

Menurut sumber yang diambil dari Carnews pada 16 Pebruari 2015, motor yg lahir sejak 1958 ini sengaja dihadirkan kembali utk memperingati keberhasilan motor tersebut. Alhasil, Honda juga memperingatinya secara yg dianggap akan mengobati rindu para penggemarnya.

Kendati begitu, Little Cub tak mau diproduksi dalam jumlah tidak sedikit. Lantaran, pabrikan berlogo sayap mengepak ini cuma membuatnya dengan cara terbatas, alias limited edition. Brand dagangnya dilaporkan telah diregistrasikan sejak tahun 2014 tahun lalu. Honda mengklaim bahwa Super Cub ialah salah satu karyanya bersama rancangan original ciptaan sendiri.

Honda menyiapkan Little Cub limited edition bersama warna putih mutiara terhadap sektor sayapnya, & biru laut di bodinya. Sementara itu joknya cuma dibuat untuk seorang pengendara yg dirancang dengan nuansa kelir merah & putih.

Bagi yang berminat untuk membeli, para calon pembeli dapat order / memesan pada bulan Januari tahun 2016 banderol harga yang ditawarkan untuk harga Motor Honda Super Cup sekitar 237 ribu yen, atau setara Rp.25,1 juta (kurs Rp.105,92 per yen).
Demikian info yang saya dapatkan dari sumber resmi siaran portal berita otomotif masa kini.

Thursday, April 23, 2015

Harga Motor Bebek Matic Bekas Merk Yamaha dan Honda Terbaru

Mengacu pada harga pasaran yang berlaku saat ini ternyata antara penjualan motor bebek matic dan bebek manual bersaing sangat ketat. Tak terkecuali motor bekas yang masih layak pakai masih menjadi incaran para pembeli di bursa mokas (motor bekas) di Indonesia.

Terkait gambaran standar harga kami sampaikan kali ini tentang daftar harga jual motor bebek matik bekas / second merk Yamaha dan Honda untuk dijadikan pertimbangan membeli barang bagus berkualitas.

Adapun harga pasaran tersebut berlaku khususnya untuk wilayah di privinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan untuk wilayah lainnya seperti Medan, Batam, Riau, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Sumatera, dan kota kabupaten lainnya kemungkinan ada sedikit penyesuaian harga. Selain itu harga motor bekas Yamaha, Honda ataupun motor lainnya sangat ditentukan dengan kondisi barang, dan tahun perakitan/pembuatan.

Berikut harga motor bebek matik bekas :
  • Harga Yamaha Mio tahun 2010 Rp.7.000.000
  • Harga Yamaha Mio tahun 2011 Rp.8.000.000
  • Harga Yamaha Mio tahun 2012 Rp.9.000.000
  • Harga Yamaha Mio tahun 2013 Rp.10.000.000
  • Harga Honda Vario tahun 2010 Rp.8.000.000
  • Harga Honda Vario tahun 2011 Rp.9.000.000
  • Harga Honda Vario tahun 2012 Rp.10.000.000
  • Harga Honda Vario tahun 2013 Rp.11.000.000
  • Harga Honda Beat tahun 2010 Rp.8.000.000
  • Harga Honda Beat tahun 2011 Rp.9.000.000
  • Harga Honda Beat tahun 2012 Rp.10.000.000
  • Harga Honda Beat tahun 2013 Rp.11.000.000
  • Harga Honda Scoopy tahun 2011 Rp.9.500.000
  • Harga Honda Scoopy tahun 2012 Rp.10.500.000
Berikut harga motor mebek manual bekas :
  • Harga Honda Supra X 125 tahun 2009 Rp.7.000.000
  • Harga Honda Supra X 125 tahun 2010 Rp.8.000.000
  • Harga Honda Supra X 125 tahun 2011 Rp.9.000.000
  • Harga Honda Supra X 125 tahun 2012 Rp.10.000.000
  • Harga Honda Revo tahun 2010 Rp.6.000.000
  • Harga Honda Revo tahun 2011 Rp.7.000.000
  • Harga Yamaha Jupiter tahun 2010 Rp.6.000.000
  • Harga Yamaha Jupiter tahun 2011 Rp.7.000.000
  • Harga Yamaha Jupiter tahun 2012 Rp.8.000.000
  • Harga Honda Blade edisi Repsol tahun 2011 Rp.7.500.000
  • Harga Honda Blade edidi Repsol tahun 2012 Rp.8.500.000
Demikian info terkini tentang Harga Motor Bebek Matic Bekas Merk Yamaha dan Honda Terbaru yang kami update bulan Januari tahun 2016.
Selengkapnya anda dapat membandingkan dengan harga motor bekas Honda dan pasaran harga Yamaha bekas hanya di situs ini.

Saturday, April 11, 2015

Pasaran Harga Kredit Toyota New Avanza Simulasi Tabel Angsuran Terbaru

Estimasi harga kredit mobil Toyota New Avanza - Informasi berikut adalah simulasi perkiraan cicilan dan angsuran pembelian mobil Toyota Avanza baru yang kerap disebut sebagai kendaraan sejuta umat. Info harga tersebut berlaku untuk OTR di Jabotabek meliputi Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi.

Harga kredit dealer resmi Toyota di seluruh Indonesia akan menyesuaikan dengan harga yang berlaku dan dapat anda dapatkan melalui informasi selebaran brosur di showroom yang dekat di kota anda seperti Bandung, Semarang, Makasar, Batam, Sumatera, Sulawesi, Surabaya, Bali, Maluku, Aceh, Padang, Medan dan lain sebagainya.

Berikut adalah daftar harga dan simulasi penjualan kredit Avanza baru Bulan Januari tahun 2016 dengan DP atau uang muka paling murah sebagai standar anda membeli mobil new Toyota Avanza dengan berbagai merk dan type :

Harga Avanza with Dual Air Bags
Tipe Toyota AvanzaHarga (Rupiah)
1.3 E Manual155.550.000
1.3 E Automatic165.750.000
1.3 G Manual170.500.000
1.3 G Automatic181.200.000
1.5 G Manual177.500.000
VELOZ 1.5 Manual183.500.000
VELOZ 1.5 Automatic193.000.000
Tabel Angsuran Toyota Avanza dan Uang Muka/Total DP
OTRTenorAngsuranBayar I
New Avanza 1.3 E M/T
155.550.0001210.799.00052.519.000
245.912.00047.542.000
364.307.00045.975.000
483.648.00045.390.000
603.435.00045.269.000
New Avanza 1.3 E A/T
165.750.0001211.507.00053.844.500
246.300.00048.737.500
364.589.00047.126.500
483.887.00046.524.500
603.660.00046.397.500
New Avanza 1.3 G M/T
170.500.0001211.836.00055.361.000
246.480.00050.105.000
364.721.00048.446.000
483.998.00047.823.000
603.765.00047.690.000
New Avanza 1.3 G A/T
181.200.0001212.579.00058.779.000
246.886.00053.186.000
365.017.00051.417.000
484.248.00050.748.000
604.001.00050.601.000
New Avanza 1.5 G M/T
177.500.0001212.322.00057.597.000
246.746.00052.121.000
364.914.00050.389.000
484.162.00049.737.000
603.919.00049.594.000
New Avanza Veloz 1.5 M/T
183.500.0001212.322.00057.597.000
246.746.00052.121.000
364.914.00050.389.000
484.162.00049.737.000
603.919.00049.594.000
New Avanza Veloz 1.5 A/T
193.000.0001213.398.00062.548.000
247.320.00056.570.000
365.323.00054.673.000
484.508.00053.958.000
604.245.00053.795.000
*Harga dan angsuran bisa berubah sewaktu-waktu
Bila anda ingin mendapatkan kendaraan seken murah termasuk Toyota Avanza bekas dan juga mobil Ford second dapat dicari di situs pasaran harga yang senantiasa update setiap waktu.
Demikian informasi Pasaran Harga Kredit Toyota New Avanza serta penjelasan lengkap mengenai Simulasi Tabel Angsuran Terbaru.
Info terkait kendaraan yang saat ini sedang ngetrend sebagai mobil keluarga yang lebih murah dari harga Toyota dapat dilihat pada harga Daihatsu Xenia bekas terbaru.
Semoga bermanfaat

Saturday, April 4, 2015

Harga Daihatsu Ayla Cash Kredit Resmi dan Spesifikasi Produk

Harga Mobil Daihatsu Ayla Bulan Januari tahun 2016 - Informasi yang akan disampaikan kali ini adalah tentang mobil jenis mini berikut pasaran harga terbaru Daihatsu Ayla yang begitu digemari pencari mobil untuk keluarga. Namun sangat berbeda dengan Toyota Avanza dalam hal muatan Daihatsu Ayla lebih sedikit dapat mengangkut orang maupun barang. Pembelian dapat dilakukan dengan cara cash maupun kredit melalui leasing atau bank yang bekerja sama dengan dealer atau showroom terdekat. Besar angsuran / cicilan tergantung uang muka atau DP yang diberikan sebagai uang muka.

Model serta type dan juga warna Pilihan mobil Daihatsu Ayla yang terdiri dari 7 varian sangat mempengaruhi banderol harga jual di dealer / showroom resmi. Adapun macam dan jenis warna yaitu : Red Solid (merah), Light Blue Metallic (biru metalic), Dark Grey Metallic (abu tua), Classic Silver Metallic, Ultra Black Solid (hitam), Lchi White Solid (putih), dan Light Blue Solid (biru cerah).

Daftar harga brosur mobil Daihatsu Ayla ini berlaku untuk OTR Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi. Sementara di daerah atau kota lain di Indonesia seperti Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Batam, Sumatera, Riau, Pekanbaru, Aceh, Kalimantan, Samarinda, Bengkulu, dan provinsi lainnya menyesuaikan dengan tingkat ongkos kirim dan akomodasi barang. Paling tidak list harga Daihatsu Ayla berikut menjadi patokan standar pasaran.

Berikut ini daftar harga mobil Daihatsu baru lengkap dengan jenis dan model terbaru :
  • Harga mobil Daihatsu AYLA D MT Rp.77.750.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA D MT MI Rp.79.950.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA D PLUS MT Rp.87.150.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA D PLUS MT MI Rp.91.850.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA M MT Rp.92.200.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA M MT MI Rp.96.050.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA X MT Rp.99.200.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA M AT Rp.101.200.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA X MT MI Rp.103.400.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA M AT MI Rp.105.050.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA M SPORTY MT Rp.105.500.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA X ELEGANT MT Rp.106.350.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA X AT Rp.108.250.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA M SPORTY MT MI Rp.109.350.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA X ELEGANT MT MI Rp.110.050.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA X AT MI Rp.112.450.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA M SPORTY AT Rp.114.700.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA X ELEGANT AT Rp.115.400.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA M SPORTY AT MI Rp.118.550.000
  • Harga mobil Daihatsu AYLA X ELEGANT AT MI Rp.119.100.000
Keterangan :
MT: Manual Transmisi
AT: Automatic Transmisi

Adapun spesifikasi mesin Daihatsu Ayla menggunakan Tipe D26F 1KR-DE dengan Kapasitas silinder (cc-an) 998cc. Jumlah silinder terdiri dari 3 Silinder dan katup Intake berjumlah 2 Exhaust : 2 buah. Sedangkan Diameter mobil Daihatsu Ayla x langkah (mm) berukuran 71 x 84. Tenaga maksimum yang keluar pada satuan (kW/rpm) 65 / 6.000 dan Torsi maksimum (N.m/rpm) 8.7 / 3.600.

Perlu diketahui pula tentang kelebihan dan keunggulan sistem kemudi handal mobil Daihatsu Ayla menggunakan Tipe Manual Electric Power Steering membuat lincah dikendarai. Sistem rem yang dipakai Depan / belakang Disc/ Drum. Kenyamanan lainnya dipengaruhi dengan tingkat suspensi yang stabil dengan sistem suspensi depan McPherson Struts with coil spring, sementara Belakang Torsion Axle Beam. Ukuran ban standar BAN 155/80 R13.
Itulah info tentang pasaran harga standar mobil Daihatsu Ayla yang berlaku saat sekarang ini sebagai referensi anda yang mau membeli kendaraan tersebut. Semoga bermanfaat.