Thursday, December 10, 2015

Cara Menghemat Bensin Motor Matic Secara Praktis

Cara menghemat bensin motor matic yang praktis dan mudah bakal menjadi pengetahuan penting bagi para pengendara karena harga bahan bakar mesin yang semakin melambung tinggi, apalagi beberapa motor matik itu cocok dengan BBM jenis Pertamax dan Pertalite yang harganya di atas Premium.

Kawan otomotif mungkin tahu bahwa motor matic keluaran Honda itu lebih irit daripada merek Yamaha dan Suzuki atau merek lainnya, namun bukan berarti Anda tidak bisa menghemat penggunaan bensin pada honda beat, honda vario dan lainnya.

Cara Menghemat Bensin Motor Matic


Tips menghemat bahan bakar sepeda motor matic kami share kepada sobat sekalian karena pengeluaran untuk bbm sekarang menjadi beban belanja harian keluarga, benar tidak ?

Cara Menghemat Bensin Motor Matic Secara Mudah Dan Praktis

Kami bakal share buat sobat blog cara motor ini sekalian tentang cara mengirit bahan bakar sepeda motor yang mudah untuk diterapkan meskipun Anda awan dalam ilmu otomotif yaitu :

1. Memanaskan Mesin Seperlunya Saja

Sudah menjadi budaya riders Indonesia untuk memanaskan mesin pada pagi hari sebelum berangkat ke sekolah, kampus dan kantor, benar jika kebiasaan memanaskan motor ini baik. Akan tetapi kami temukan banyak masyarakat yang memanaskan mesin secara berlebihan, semisal terlalu lama sampai 15 menit lebih atau memutar gas dengan keras yang berulang kali, jelas bahwa hal ini sangat memboroskan bbm inilah cara mengirit bensin matic yang pertama dan utama ya.



2. Cobalah Sobat Hidupkan Mesin Via Kick Stater

Pada pagi hari disarankan sahabat untuk menyalakan mesin sepeda motor dengan memakai kick stater dan tidak memakai tombol stater, memang hal ini menguras sedikit tenaga namun Anda perlu bahwa mesin lebih awet dengan kick starter dan juga Anda tidak perlu gas berlebihan bila dengan kick starter, betul kan ?

3. Memulai Mengendarai Motor Dengan Gas Perlahan Dan Seterusnya

Banyak pemuda yang suka menggeber tarikan gas sepeda motor pada awal berkendara supaya cepat mencapai kecepatan tinggi, ketika throttle gas diputar secara mendadak maka penggunaan bensi motor matic menjadi sangat boros. Berbeda jika Anda memutar gas dengan perlahan untuk menaikkan kecepatan. Dan ketika sedang berkendara disarankan untuk memainkan gas dengan baik sehingga aliran bensin menjadi normal dengan dampak motor matik lebih irit bensin.

4. Jangan Bisa Suka Mengerem Dadakan

Cara menghemat bensin motor matic selanjutnya adalah banyak pengendara sepeda motor matic yang biasa untuk mengerem dengan mendadak, mereka tidak memperhatikan jarak kendaraan di depan dengan motor yang dikendarai sehingga terkadang berusaha untuk mendekat tetapi kendaraan di depan mengurangi kecepatan sehingga mereka mengerem mendadak dengan meraik tuas rem secara kuat sehingga bensin yang mengucur pada ruang pembakaran tidak berguna.

Sebaiknya riders motor matik selalu memperhatikan kendaraan di depan dengan prinsip pelan asalkan selamat sampai tujuan, inilah yang baik dan menghemati bensin motor matic.

5. Pakai Pertalite atau Pertamax

Cara hemat bensin matic ialah dengan penggunaan bensin Pertalite dan pertamax mempunyai nilai oktan lebih dari premium dan mempunyai kualitas lebih baik sehingga mesin lebih awet dan dapat memproduksi tenaga lebih optimal sekaligus menjadi lebih hemat bbm.

6. Jangan Membawa Muatan Berlebihan

Sepeda motor matic bukan untuk goncengan 3 atau selebihnya karena muatan terlalu berat membuat gas harus diputar lebih dalam sehingga lebih boros dan mesin menjadi cepat rusak tentunya. Barang-barang yang dibawa juga jangan terlalu berat semisal melebihi berat dari 100kg.

7. Mengganti Oli Motor Matic Secara Rutin

Oli sepeda motor matik yang terlalu lama dipakai maka kualitasnya menjadi buruk dan apabila dipakai tentu penggunaan besin lebih besar lagi, maka sebaiknya kawan otomotif mengganti oli motor secara rutin semisal pada jarak tempuh 2.500 km – 3.500 km.

Oke sobat itulah penjelasan panjang cara menghemat bensin motor matic kesayangan Anda dengan mudah dan praktis, selamat mencoba pada kendaraan di rumah yach !

No comments:

Post a Comment