Wednesday, February 4, 2015

Motor Honda Astrea Prima Tahun 1989 - 1992

Honda Astrea Prima tergolong motor jaman dulu alias jadul yang diproduksi oleh negara Jepang secara berturut-turut di tahun 1989, 1990, 1991 dan 1992. Berbagai kelebihan yang dimiliki Honda Astrea Prima membuat para pengguna merasa nyaman dibuatnya, yaitu teknologi starter mesin dan shocbleker dengan suspensi teleskopik. Tak heran bila saat itu penjualannya menduduki peringkat pertama bila dibandingkan produksi Honda sebelumnya; Honda Supercub 700 dan 800.

Sistem kelistrikan motor Honda Astrea Prima untuk pertama kalinya menggunakan CDI yang sebelumnya masih menggunakan plati. Rangka motor pun sangat berbeda dan lebih kuat karena dirancang dengan model pressed steel dengan pola backbone.

Menurut sumber yang dapat dipercaya dikatakan bahwa diantara sekian banyak motor Honda Astrea Prima yang diproduksi ada beberapa motor yang secara acak dibuat khusus dan sering diberi label Astrea Prima Eagle. Harga motor tersebut jauh berbeda daripada Honda Astrea Prima biasa yang saat itu dijual sekitar Rp.7.5 juta an. Sekarang ini harga bekas Honda Astrea Prima tergantung kondisi dan sangat sulit ditetapkan standar patokan pasaran harganya.

Kini motor Honda Astrea Prima menjadi kenangan sebab sudah tidak diproduksi lagi. Akan tetapi motor tersebut masih banyak kita lihat di jalan digunakan oleh mereka anggota club motor Honda Jadul. Bagi anda yang sedang mencari referensi terkait spesifikasi motor tersebut untuk dimodifikasi dapat dilihat pada review gambar dan spesifikasi di bawah ini :
Spesifikasi Motor Honda Astrea Prima sebagai berikut :
  • Tahun pembuatan / perakitan antara tahun 1989-1992 (menggunakan double starter)
  • Pembuatan motor versi built up / Eagle tahun 1991 (tidak menggunakan sistem electrik starter)
  • Warna mesin silver metalic
  • Warna tromol silver metalic
  • Kecepatan tertinggi / top speed mencapai 120 kpj
  • Sistem transmisi atau pengoperan gigi 4-stroke dengan teknologi OHC, 4-speed (N-1-2-3-4) rotary
  • Kapasitas mesin dan bahan bakar 97 cc (100) dengan satu silinder
  • Ukuran bore x stroke: 50 x 49.5 mm
  • Perbandingan kompresi rasio 9,0 : 1
  • Maksimal power mencapai 8,9 ps @ 8000 rpm
  • Maksimal torsi mencapai 0,93 kgf.m @ 6000 rpm
  • Menggunakan pendingin udara
  • Karburator yang dipasang : Keihin 16 mm
  • Aki Baterry listrik 12v-4Ah
  • Busi yang dipakai model C7HSA / U22 FS-U
  • Untuk dimensi ukuran rangka body P x L x T : 1915 x 705 x 1076 mm
  • Sumbu roda berjarak 1234 mm
  • Oli mesin memiliki kapasitas 0,9 mm
  • Tangki bahan bakar bensin / bbm: 3,7 liter
  • Total Berat motor 93 kg
  • Suspensi shockblaker depan: telescopic, shockblaker belakang: swingarm, doubleshock
  • Ban depan berukuran 2.25-17" sedangkan yang belakang 2.50-17".
  • Rem depan dan belakang memakai drum (tromol)
Spesifikasi Honda Astrea Prima di atas kemudian oleh mereka para pecinta modifikasi motor dirubah sesuai dengan selerea dan keinginannya. Warna asli body motor tersebut adalah hitam dan merah dengan ada striping panjang di bagian atas bawah jok. Modif yang paling banyak dilakukan untuk Honda Astrea Prima dengan merubah dan menambah variasi stang, shockblaker, knalpot, ban, jok dan lampu bagian belakang ditambah aksesoris motor. Tentunya yang lebih dari itu pun ada contohnya merubah pada bagian mesinnya.
Berikut contoh gambar foto modifikasi motor Honda Astrea Prima.


Dengan membaca uraian terkait Honda Astrea Prima di atas semoga menjadi acuan bagi anda menyisihkan budget budget membeli dan mendesain motor jadul tersebut sebagai hobi dan sekaligus teman bertransportasi sehari-hari.
Selamat bersenang senang dengan modifikasi motor lama sebagaimana halnya motor Honda Win dan Honda CB Glatik pada tulisan sebelumnya.

No comments:

Post a Comment