Tuesday, December 15, 2015

Belajar Cara Setting Karburator Motor Matic

Cara setting karburator motor matic dapat dikerjakan sendiri oleh bikers sehingga perawatan roda dua Anda lebih hemat dan tidak perlu capek datang ke bengkel servis sepeda. Ketika sudah memahami dengan baik penjelasan proses penyetelan karburator standart akan menjadi pengetahuan ketika mendapati kinerja karburator motor matik bermasalah ke depan.

Tips setting motor karburator harus dibersihkan terlebih dahulu, filter bensin dan filter udara juga harus bersih dari kerak, kotoran atau endapan yang bakal membuat aliran udara dan bensin menjadi tidak lancar.

Cara Setting Karburator Motor Matic


Cara servis karburator motor selanjutnya teliti pilot dan main jet, jika kotor maka bersihkan dengan bensin dan tiner lebih baik dibersihkan dengan carburator cleaner agar tidak memakan waktu yang panjang dan rumit bagi Anda para bikers.

Setelah semua komponen karburator bersih maka sahabat biker segera memasang semua sparepart karburator kepada keadaan semula, ingat ya sebelum membongkar cermati betul posisinya, kalau perlu difoto atau direkam supaya karburator dapat berfungsi dengan baik inilah cara bongkar karburator motor matic untuk pemula.

Ayuk ! belajar tahapan cara setting karburator motor matic di antaranya yaitu :

Cara Servis Karburator Motor Matic


1. Anda memutar ke kanan setelan angin sampai tidak bisa diputar (mentok) selanjutnya putar kembali ke arah sebaliknya sekitar 2 - 2,5 putaran, setelan ada pada lobang kecil pada bodi sebelah kanan motor matik.

2. Kemudian dilanjutkan dengan penyetelan gas sampai mendekati 3000 sampai dengan 5000 putara per menit / RPM, Anda bisa setel pada lobang kecil terdapat pada kotak di sekitar jok motor matic.

3. Nyalakan mesin dan setting karburator motor matik sampai mendapatkan setelan yang pas kalau bisa Anda sesekali gleyer gas. Brumm,.. brum...

4. Kami sarankan supaya Anda menyetting baut angin sampai dengan posisi suara mesin terdengar tinggi, dan tentunya tidak ada suara tembal pada knalpot meskipun kecil.

5. Setelah setting suara mesin pada posisi tinggi segera turunkan setelan baut gas sampai pada posisi idle dan mesin tidak gampang mati. Untuk motor matic putaran mesinnya 1300 sampai dengan 1600 RPM, Anda setel pada lobang kecil di sekitar box pada jok motor ya.

6. Cara stel karburator untuk memastikan setting karburator sudah optimal maka cek beberapa kali dengan handle gas diputar. Brumm.... brumm...

7. Sesudah Anda menemukan pengaturan posisi idle mesin tidak gampang mati, khusus motor matic terdengar suara putaran roler weight yang tidak lagi didengarkan pada RPM yang kecil, nah dengan setting motor seperti ini maka penggunaan BBM dapat irit guys !

8. Apabila Anda mendapati motor matic mati pada posisi idle maka sebaiknya mengulangi proses cara setting karburator motor matic, memang butuh sedikit tenaga namun hasilnya adalah mesin yang irit BBM. Selamat belajar membongkar dan menyetel roda dua Anda !

1 comment:

  1. MANTAP GAN, sekedar info aja biat teman teman yang suka dengan otomotif bisa main main ke oto jumbo untuk belajar cara setel karbu grand dan lain lain.terimakasih

    ReplyDelete