Wednesday, December 30, 2015

Cara Membersihkan Karburator Mobil Dengan Carb Cleaner

Jika Anda pemilik mobil tua maka bersiaplah untuk mengetahui dan belajar cara membersihkan karburator mobil dengan carb cleaner, karena karburator adalah bagian mesin yang menentukan mobil dapat bekerja dengan lancar di jalan raya. Seperti yang diketahui bahwa bahan bakar (bensin) adalah darah dari kendaraan, jika bahan bakar yang masuk pada ruang pembakaran (silinder) tidak tercampur dengan baik dengan udara maka mobil akan menjadi bermasalah, layaknya jantung yang bermasalah aliran darahnya.

Permasalahan karburator mobil juga bisa karena menumpuknya kotoran pada bagian dalam karburator yang berimbas pada lubang-lubang spuyer menjadi mampet sehingga karburator tidak bisa mengalirkan campuran bahan bakar dengan udara dengan optimal.

Cara Membersihkan Karburator Mobil


Oleh karena itu tips perawatan karburator mobil harus dikerjakan dengan cara membersihkan secara teratur untuk memastikan bahwa kinerja karburator berjalan dengan normal. Asyiknya ! kami akan berbagi cara membersihkan karburator mobil sendiri yang cukup sederhana dan tidak akan memakan waktu Anda lebih dari 30 menit!

Peralatan yang dibutuhkan untuk cara servis karburator mobil di antaranya yaitu :

1. Kain lap

2. Sikat besi yang halus untuk membersihkan komponen karburator bersih, Anda bisa mendapatkannya di toko atau bengkel mobil.

3. Carburator cleaner atau carb cleaner yang biasanya dijual pada toko onderdil mobil.

4. Kacamata pelindung atau keselamatan

5. Sikat kawat kecil untuk pembersihan bagia luar karburator apabila ditemukan penumpukan debu atau lumpur yang tidak bisa dibersihkan dengan kain dan air sabun.

6. Kunci 10 dan 12 mm

Tahapan Cara Membersihkan Karburator Mobil Dengan Carb Cleaner



1. Anda mematikan mesin kemudian bersihkan seluruh bagian luar karburator dengan menyikatnya dengan kuas atau sikat gigi, lebih baik lagi disemprot dengan udara tekanan tinggi. Apabila kotoran terlalu dekil maka gunakan bensi dengan sikat besi.

2. Kemudian lihat bagian lubang primary throttle valve atau katup jalan masuk udara pada karbutator yang nanti akan disemprotkan dengan carburator cleaner, apakah sudah dalam keadaan bersih dan beroperasi dengan baik ?.

3. Tempatkan beberapa kain lap pada dasar karburator untuk menjaga keselamatan dan juga supaya lantai atau permukaan cat di dekatnya tidak luntur karena bahan kimia carburator cleaner.

4. Cara melepas karburator mobil sebagai berikut gunakan kunci 10 dan 12 mm untuk membuka rumah filter udara serta filternya dengan kunci 10 dan 12 mm. Selanjutnya, sobat membuka membuka udara yang berada di sebelah kanan bawah dari karburator hingga lepas, dengan tujuan bensin pada pelampung mengucur habis. Laut baut ditempatkan pada tempat yang aman supaya tidak hilang.

5. Sahabat membuka baud drain 14 mm penutup spuyer yang berada pada area depan bodi karburator dan Anda lanjutnya dengan menyemprot spuyer-spuyer dengan carburator cleaner dan pasang kembali baut-baut pada tempatnya.

6. Kenakan kacamata keselamatan Anda dan kemudian semprot carb cleaner pada primary throttle valve sedikit saja, pastikan beberapa bagian yang bagian bergerak terkena semprotan.

7. Nyalakan mesin pada kecepatan rendah, setelah beberapa putaran kemudian bekap atau tutup dengan tangan. Lanjutkan dengan menyemprotkan carburator cleaner pada lubang udara atau throttle valve.

8. Biarkan mobil nyala selama beberapa menit pada kecepatan idle atau normal, setelah itu matikan mesin dan pasang kembali filter udara. Lanjutkan dengan mengendarai mobil selama 10 sampai 15 menit atau sampai mobil panas untuk memastikan pelumas semprot benar-benar bekerja.

Oke itulah cara membersihkan karburator mobil dengan carburator cleaner yang bisa dikerjakan sendiri di rumah, selamat mencoba ilmu otomotif ini ya !

1 comment:

  1. Salam kenal Saya KI DI MALAYSIA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
    KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
    Atau,>>KLIK DISINI UNTUK INFO BANTUAN KI BARONG<<
    BANTUAN DARI KI BARONG
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda memilih jln pintas buat masalah Anda.

    ReplyDelete