Monday, November 16, 2015

Cara Mengobati Luka Jatuh Motor Dengan Cepat

Cara mengobati luka jatuh motor dengan cepat bisa dipratekkan oleh sobat, kecelakaan motor sering dialami saat kita mengendarai motor. Tidak selalu kecelakaan besar, kecelakaan kecil pun bisa menyebabkan luka. Kecelakaan itu bisa disebabkan oleh bermacam-macam faktor.

Penyebab yang paling banyak adalah pengendara ngantuk atau terlalu lelah saat di jalan. Bisa juga pengendara kurang konsentrasi, misalkan bermain hape atau melakukan aktifitas lain saat mengendara. Hal ini tentu bisa membahayakan keselamatan pengemudi. Mengingat mengendarai motor lebih beresiko dibandingkan mengemudi mobil. 


Untuk itu blog tips motor menyarankan, sebaiknya pengendara motor haruslah memperhatikan beberapa hal sebelum dan saat mengemudi.

1. Hindarilah mengendarai motor jika kondisi badan tidak enak. Misalkan sedang sakit atau tidak enak badan. Ini tentu akan membahayakan Anda, sebab jika kondisi badan tidak sehat maka mengemudipun akan tidak berkonsentrasi penuh.

2. Hindari mengemudi saat mengantuk. Sering kali orang mengabaikan kantuk, padahal kondisi mengantuk sering kali menjadi penyebab kecelakaan. Sebaiknya Anda berhenti sejenak untuk beristirahat jika mengemudi dalam kondisi mengantuk.

3. Periksalah kondisi kendaraan bermotor Anda. Sebelum melakukan perjalanan entah dekat apalagi jauh sebaiknya lakukan cek pada motor atau mobil Anda. Pengecekan paling sederhana adalah lihat kondisi ban apakah kurang angina atau tidak. Jika iya segera lakukan pengisian angin agar tidak membahayakan saat digunakan.

4. Pakailah helm. Untuk pengendara sepeda motor jangan lupa gunakan helm. Walaupun jarak dekat ataupun jauh. Helm menjadi penting sebab berfungsi melindungi kepala yang menjadi bagian esensial bagi tubuh. Sering kali orang malas menggunakan helm jika jarak dekat. Namun itu sebaiknya tidak menjadi alasan untuk tidak menggunakan helm.

Walaupun sudah mengantisipasi, namun kecelakaan masih bisa terjadi. Misalkan kecelakaan kecil kita terjatuh dari motor. Bisa karena kontur jalan yang berpasir atau ban yang kempes. Ini bisa menyebabkan luka kecil pada tubuh kita. Inilah cara mengobati luka jatuh motor.

1. Membersihkan luka dengan air. Luka yang disebabkan jatuh dari motor sering kali terkontaminasi dengan kotoran debu. Maka langkah pertama adalah bersihkan luka dengan air mengalir. Pastikan tidak ada debu atau tanah yang masih menempel pada luka.

2. Bersihkan dengan revanol. Gunakan revanol untuk membersihkan kembali luka. Pakailah kapas dan teteskan revanol kemudian bersihkan pada bagian yang luka.

3. Berilah obat merah. Obat merah akan membantu luka agar cepat kering. Selain itu bisa juga gunakan perban untuk menutup luka agar tidak terkena debu. Pastikan mengganti perban secara teratur.

Cara mengobati luka jatuh motor sebenarnya sederhana. Untuk itu selalu siapkan kotak p3k berisi obat-obat seperti di atas di rumah Anda.

No comments:

Post a Comment