Thursday, November 19, 2015

Penyebab Motor Berasap Hitam Dari Knalpot

Pernahkah Anda mengetahui apa penyebab motor berasap hitam dari knalpot ? Di jalan sering kali kita menemui motor atau kendaraan lain yang mengeluarkan asap hitam. Hal ini sering kali menjadi masalah ketika kita berkendara, apalagi jika kita berkendara motor. Kendaraan yang sering mengeluarkan asap hitam adalah kendaraan roda 6 atau lebih misalkan, bus, truk, dan mobil besar jenis lainnya.

Penyebab motor keluar asap hitam dari knalpot yang diketahui itu bisa berasal dari sistem pembakaran yang kurang sempurna, dan beberapa penyebab yang akan blog tips otomotif ulas pada sesi ini. Tidak percaya diri apabila knalpot motor berasap hitam padahal itu kita kendarai setiap hari ke sekolah atau tempat kerja.

Penyebab Motor Berasap Hitam Dari Knalpot

Asap hitam ini tentunya selain mengganggu akan menimbulkan polusi udara. Polusi ini bisa juga mengakibatkan pencemaran dan penyakit bagi yang menghirup. Di kota-kota besar yang rentan macet biasanya sudah ada aturan bahwa untuk kendaraan besar yang mengeluarkan asap tidak boleh melewati jalan utama. Hal ini bertujuan untuk mengurangi polusi udara akibat asap kendaraan bermotor.

Bukan hanya kendaraan besar saja yang bisa mengeluarkan asap hitam, namun motor roda dua pun bisa mengeluarkan asap hitam. Tak jarang kita menemui motor yang mengeluarkan asap hitam. Biasanya jenis-jenis motor yang berasap hitam adalah motor tua. Tapi itu juga bukan jaminan bagi motor baru tidak berasap hitam. Perawatan dan cara penggunaan kendaraan motor sangat memperngaruhi.

Keluarnya asap hitam ini terjadi karena pembakaran yang basah dan bisa pula mengakibatkan bensin menjadi boros. Pembakaran basah yang dimaksud adalah campuran bahan bakar dengan udara tidak seimbang. Iniah beberapa penyebab motor berasap hitam,

1. Filter udara pada motor yang kotor. Filter udara adalah parts yang berfungsi untuk menyerap kotoran dan menyaringnya sehingga udara tetap bersih. Ketika filter ini kotor maka daya kerja menjadi tidak maksimal dan udara yang dikeluarkan menjadi kotor atau hitam. Solusi untuk ini adalah segera mengganti filter udara dengan yang baru.

2. Penyebab motor mengeluarkan asap hitam selanjutnya ialah kondisi busi yang sudah rusak. Busi adalah komponen kecil pada motor yang berfungsi untuk pembakaran atau pengapian. Jika busi sudah jelek atau rusak maka pembakaran yang berlangsung menjadi tidak sempurna dan mengakibatkan keluarnya asap hitam tersebut.

3. Klep in bocor. Ketika klep ini bocor, maka bahan bakar akan masuk ke ruang bakar. Maka untuk menghindarinya service dengan rutin dan cek kondisi klep motor.

4. Ruang bakar banyak tertimbun kerak karbon. Ketika pembakaran pada motor tidak sempurna maka akan ada kerak karbon yang tersisa. Kerak karbon pada ruang bakar ini mengakibatkan timbulnya asap hitam.

Untuk menghindari adanya penyebab motor berasap hitam dari knalpot, maka kami sarankan sobat otomotif melakukan service dan perawatan yang baik pada motor secara berkala.

No comments:

Post a Comment