Thursday, November 26, 2015

Cara Buat Kunci Rahasia Motor Saklar Sentuh

Berbagai kunci motor yang standart dari pabrikan besar di tanah air sepertinya sudah menjadi mainan para maling (pencuri) motor di negeri ini, maka kawan otomotif harus sedikit kreatif dengan membuat cara buat kunci rahasia motor saklar sentuh yang aman dan mudah untuk dikerjakan sendiri, meskipun Anda adalah orang yang awam dalam bidang elektronika.

Para pencuri selalu mengintai motor-motor yang ada di rumah dan desa Anda, penulis blog cara motor teringat ada seorang petani yang sedang mengerjakan sawahnya, motor tuanya yakni Honda Prima hilang disambar oleh pencuri, atau sepeda motor punya saudara saya yakni Kawasaki Ninja yang hilang di tempat kerjanya di Rumah Sakit, dan berbagai kasus pencurian yang mungkin sering Anda dengar.

Cara Buat Kunci Rahasia Motor Saklar Sentuh

Cara Buat Kunci Rahasia Motor Saklar Sentuh

Kami share buat sobat tentang cara buat kunci rahasia pada motor untuk motor yang masih memakai CDI atau motor di bawah tahun 2000-an, namun Anda bisa mengaplikasikannya dengan sedikit modifikasi dan kreatifitas pada motor-motor baru semisal Hondat Beat, Yamaha Mio, Jupiter MX, Satria FU, Byson dan lainnya.

Supaya kawan otomotif tidak mendapati dirinya rugi dan sedih karena kecurian sepeda motor kesayangannya, sediakan terlebih dahulu beberapa alat dan komponen elektronika sebagai berikut :

Alat-alat elektronika untuk bikin kunci rahasia motor sentuh :

1. Soldier dan timah minimal 1 meter.

2. Gergaji dan Bor PCB untuk PCB

3. Gunting kabel listrik

4. Isolatip untuk kabel

5. Tang potong

Komponen elektronika untuk membuat kunci rahasia motor sentuh :

1. 1 buah relay 12 V, 5 kaki

2. 2 buah transistor type 9012

3. PCB ukuran 2,5 centimeter x 3,5 centimeter

4. Kabel 4 warna ukuran minimal 1 meter

Tahapan Cara Buat Rangkaian Kunci Rahasia Saklar Sentuh Pada Motor

Anda harus merangkai relay dan transistor pada papan PCB yang telah digergaji dan dibor sesuai dengan kaki-kaki komponen. Untuk relay maka kaki no. 1 disambungkan pada 12 Volt (+) yang diambil dari kontak, relay kaki no. 2 dihubungkan pada kaki nomor 4 yang akan bertidak untuk output (-), sedangkan relay kaki no. 3 dihubungkan pada input negatif (-) dari aki motor, terakhir sobat jadikan kaki tengah transistor no. 1 sebagai sensor sentuh.

Cara Pasang Kunci Rahasia Sentuh Pada Motor Bebek

Anda punya motor bebek maka instalasi kunci rahasia saklar sentuh pada kabel sensor dihubungkan pada kabel negatif indikator gigi transmisi no. 4 yang nampak seperti gambar di bawah ini.


Apabila pengendara masuk pada gigi transmisi netral atau yang lain (gigi 1, gigi 2 dan gigi 3) maka mereka tidak bisa starter atau menyalakan motor walaupun kontak pada posisi ON disebabkan massa atau kabel negatif pada CDI belum tersambung. Cara menyalakan motor dengan kunci rahasia skalar sentuh ini ialah memutar kontak pada posisi ON dan memposisikan gigi transmisi pada no. 4.

Oke sobat otomotif sekian share kami tentang cara buat kunci rahasia motor sentuh yang bisa Anda pelajari dan coba, apabila terjadi kesalahan tolong diceck ulang rangkaian dan instalasinya ya !

No comments:

Post a Comment