Thursday, October 1, 2015

Cara Bersihkan Aspal di Body Mobil

Jika Anda memiliki mobil, maka banyak yang harus dimengerti mulai dari tips merawat hingga cara bersihkan aspal di body mobil. Kendaraan pribadi seperti mobil tidak hanya digunakan untuk jalan yang mudah. Namun terkadang juga digunakan di jalan-jalan rusak, becek, hingga melewati aspal yang masih baru.

Aspal yang menjadi bahan utama jalan di negara ini kualitasnya bervariasi. Aspal dengan kualitas rendah akan mudah rusak jika terkena hujan dan juga dilewati kendaraan beban berat terus menerus. Jalan yang akan diambil adalah menambal bagian yang rusak saja. Bagi penggemar otokawan.com, bisa saja aspal yang belum kering tersebut menempel pada body mobil saat melewati jalan yang baru di aspal.



Cara membersihkan noda aspal di body mobil perlu dipahami benar karena jenis noda ini berbeda dengan noda lainnya, noda ini tidak mudah dibersihkan seperti noda tanah ataupun lumpur. Aspal yang bersifat pekat ini akan menempel sangat lekat pada body dan bisa juga menyebabkan cat mobil rusak. Bukan hanya bisa menempel pada body mobil, namun bisa juga mengenai bagian kaca, spion, hingga lampu. Hal ini tentu menggangu fungsi bagian yang terkena noda aspal.

Untuk menghindari mobil terkena noda aspal , sebelum melewati sebuah jalan lebih baik perhatikan bagaimana kondisi jalan. Setidaknya pengemudi tahu bagaimana kondisi jalan yang akan dilewati sebelum berangkat. Selain terkena noda aspal, melewati jalan yang rusak bisa juga membahayakan karena mungkin ada lubang-lubang yang digenangi air.


Jika mobil Anda terkena noda aspal inilah yang sebaiknya Anda lakukan. Berikut adalah cara bersihkan aspal di body mobil yaitu :

1. Siapkan peralatan
Peralatan yang digunakan untuk membersihkan noda aspal ini adalah kain, kuas dan tar remover atau solar. Tar remover atau solar ini berfungsi untuk melunakkan noda aspal agar mudah dibersihkan. Gunakan kain yang halus untuk menghindari tergoresnya bagian yang lain.

2. Cara membersihkan aspal di body mobil dengan air lalu keringkan
Langkah pertama adalah bersihkan noda aspal dengan air biasa lalu keringkan. Membersihkan dengan air bertujuan untuk membersihkan jika ada noda lain yang menempel.

3. Semprotkan tar remover atau solar

Semprotkan tar remover atau solar ke bagian yang terkena noda aspal. Jika memungkinkan menyemprot cukup gunakan kuas. Tunggu beberapa saat hingga noda aspal melunak. Ketika noda aspal melunak maka akan mudah dibersihkan. Jika sekali masih belum bersih maka ulangi langkah-langkah di atas hingga noda aspal hilang.

Itulah beberapa langkah cara bersihkan aspal di body mobil yang segera dapat dikerjakan sendiri di carpot rumah Anda, selamat bersih-bersih ya guys !

No comments:

Post a Comment