Sunday, October 25, 2015

Terapkan Cara Belajar Motor Matic dengan Cepat Dan Mudah

Cara belajar motor matic dengan cepat membantu Anda menguasai kendaraan bersistem otomatis dalam waktu yang tidak terlalu lama. Ternyata, untuk menerapkannya, tidak cukup dengan memerhatikan langkah-langkah menyalakan mesin dan mematikannya. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar proses belajar motor matic bisa lebih efektif.

Kepopuleran motor matic membuat banyak orang ingin segera mengendarainya dengan cara yang cepat dan mudah, bayangkan saja motor matik mendominasi aspalan tanah air dan bahkan sampai ke pelosok pedesaan skuter otomatis ini sangat banyak.


Motor matic menggunakan sistem yang berbeda dengan motor kopling. Meski lebih mudah digunakan, motor bersistem matic tentunya perlu trik penggunaan tersendiri agar lebih aman dan perjalanan lebih lancar. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar langkah belajar motor matic bisa lebih efisien dan efektif:

1. “Berkenalan” dengan motor
Bagaimana Anda bisa mengendari motor dengan lancar tanpa mengetahui dan mengenal fungsi setiap bagiannya? Karena itu, Anda perlu “berkenalan” dengan setiap bagian motor, baik soal fungsi maupun cara menggunakannya. Ketahui juga bahwa motor matic memiliki sisteem gas yang langsung membuat motor melaju tanpa sistem kopling.

2. Belajar di lokasi yang aman dan luas
Untuk belajar menggunakan sepeda motor, Anda pun harus membangun rasa percaya diri dengan memilih tempat yang aman dan luas, bebas dari keramaian. Hindari juga jalan yang ramai dengan kendaraan lain atau medan yang sulit. Dengan lokasi yang aman dan luas, Anda pun bisa belajar dengan lebih leluasa. Belajarlah juga dengan orang yang handal untuk mendampingi Anda.

3. Belajar atur keseimbangan
Berjalanlah sambil menuntun motor matic Anda. Dengan menuntunnya, Anda akan belajar melatih keseimbangan untuk mengendarai motor. Selain itu, cobalah duduk di jok motor saat mesin masih mati.

4. Nyalakan mesin
Nyalakan mesin dengan menekan tombol starter sambil menekan rem dan memasukkan gas. Atur gas secara perlahan untuk memastikan kecepatannya berada pada 10-15 km/jam. Awali dengan jalan yang lurus. Jika ingin berhenti tekan rem secara perlahan. Hindari menekan gas atau rem secara mendadak. Kuasai gas dengan baik

5. Tingkatkan kecepatan
Jika sudah bisa menguasai gas dengan baik, cobalah tingkatkan kecepatan hingga 20 km/ jam. Selain itu, belajarlah jalan belok ke kiri atau ke kanan. Setelah itu, belajarlah berputar jika sudah bisa menguasai jalan lurus dan belok. Lakukan secara terus-menerus dengan memerhatikan cara berkendara yang aman.

Selain memerhatikan beberapa tips di atas, pastikan pula Anda menjalaninya dengan santai dan tidak tegang. Jika Anda percaya diri dan berani, cara belajar motor matic dengan cepat ini bisa Anda terapkan dengan efektif.

No comments:

Post a Comment