Sunday, September 20, 2015

4 Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Kusam

Mau tahu cara membersihkan kaca lampu mobil yang kusam tanpa bantuan profesional? Membuat lampu kendaraan menjadi cling kembali memang tidak mudah. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa membersihkannya sendiri di rumah.

mengelap kaca mobil

Merawat dan membersihkan lampu mobil ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk memperpanjang usia kendaraan Anda. Pasalnya, lampu merupakan salah satu bagian kendaraan yang sangat penting. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah untuk membuat lampu mobil tampak baru lagi.

1. Awali dengan sampo mobil dan amplas

Sampo mobil dan amplas merupakan kombinasi yang pas untuk membersihkan kaca lampu mobil yang kusam pada langkah pertama. Sebelum menggosokkan amplas ke lapisan kaca lampu kendaraan Anda, celupkan amplas ke dalam air yang sudah dicampur dengan sampo mobil. Pilihlah sampo mobil berkualitas agar tidak menyebabkan kerusakan pada permukaan kaca. Terakhir, bilas dengan air bersih.

2. Lanjutkan dengan kompon

Jika sampo mobil dan amplas tak cukup mengusir noda kusam di kaca lampu, lanjutkan dengan bantuan kompon merah dan putih. Campurlah kompon merah dan putih secara merata. Kemudian, oleskan kompon ke permukaan amplas dan gosok ke area yang ingin dibersihkan. Lakukan secara perlahan dan merata untuk mendapatkan hasil maksimal tanpa goresan.

3. Gunakan wax

Hasil yang Anda dapat akan semakin kinclong dengan lapisan wax. Gunakan wax khusus untuk mobil pada bagian lampu yang sudah dibersihkan sebelumnya. Kandungan yang terdapat dalam wax membuat kaca lampu tak hanya bersih, tetapi juga mengkilap.

4. Sempurnakan dengan lap bersih 

Sisa wax yang menempel bisa menyebabkan tampilan lampu mobil Anda tidak maksimal. Gunakan lap bersih untuk membersihkan tahap terakhir. Gunakan lap lembut agar tidak meninggalkan baret pada permukaan kaca.

Selain menggunakan cara tersebut, Anda pun bisa menggunakan bahan yang tersedia di rumah, yaitu baking soda, pasta gigi, sabun cuci piring, dan kain. Carannya mudah, yaitu:

• Bersihkan kaca dengan larutan cairan pencuci piring.
• Oleskan pasta gigi yang telah dicampur dengan baking soda.
• Gosok permukaan kaca dengan kain hingga noda hilang.
• Bilas permukaan kaca lampu dengan air yang telah dicampur baking soda.
• Usap dengan kain hingga bersih.

Mudahnya langkah-langkah ini bisa Anda terapkan di rumah dalam waktu yang tidak lama. Anda pun bisa memilih salah satu dari dua cara membersihkan kaca lampu mobil yang kusam tersebut sesuai dengan  bahan yang tersedia.

No comments:

Post a Comment