Tuesday, September 15, 2015

Ayo, Terapkan 5 Cara Hemat Bahan Bakar Mobil Matic!

Ternyata ada lho cara hemat bahan bakar mobil matic yang bisa Anda terapkan dengan mudah! Tak hanya membantu agar Anda tambah hemat meski harus sering-sering naik mobil, cara ini juga akan membantu Anda semakin menguasai teknik menyetir mobil matic.

cara hemat bensin mobil matic

Memilih mobil matic kadang menjadi dilema sendiri bagi kebanyakan orang yang khawatir boros bahan bakar. Namun, dengan lima cara berikut, Anda bisa menepis kekhawatiran tersebut.

1. Perhatikan gas dan RPM 

Tahukah Anda bahwa menginjak pedal gas terlalu dalam saat pertama kali mobil melaju juga menjadi salah satu alasan borosnya bahan bakar? Karena itu, saat pertama kali menyalakan mobil, cukup injak pedal gas secara perlahan. Setelah mobil melaju, pastikan agar posisi RPM ada di angka 2500 hingga 3000. Dengan demikian, kendaraan Anda tidak mengeluarkan tenaga yang terlalu besar.

2. Jangan boros AC

AC pada mobil juga perlu diperhatikan penggunaannya. Gunakan AC dengan pengaturan secukupnya untuk menghindari borosnya bahan bakar. Hindari pengaturan suhu yang berlebihan tanpa memerhatikan kebutuhan.

3. Gunakan kecepatan yang konsisten 

Mengerem dan menginjak gas mendadak juga menjadi salah satu penyebab besarnya bahan bakar yang dibutuhkan. Untuk menghindarinya, aturlah kecepatan yang konsisten saat berkendara. Dengan kecepatan yang konsisten, Anda juga bisa menghindari penginjak gas secara menghentak yang akan menedot penggunaan bahan bakar.

4. Atur jarak dengan kendaraan lain

Tak hanya mencegah tabrakan karena berhenti mendadak, mengatur jarak dengan kendaraan lain juga membantu menghemat bahan bakar. Dengan jarak yang pas, Anda bisa mengurangi kecepatan secara perlahan jika kendaraan di depan Anda berhenti. Selain itu, jarak yang pas juga membantu Anda mengatur kecepatan agar tetap konsisten tanpa harus menginjak rem atau gas secara mendadak.

5. Turunkan kecepatan

Pada kondisi macet, rem sangat dibutuhkan untuk menghentikan kendaraan beberapa kali. Untuk menghindari hal itu, posisikan tuas transmisi pada 2/S. Dengan mengatur posisi 2/S, kecepatan akan menurun karena diatur oleh sistem engine break. Pengereman mendadak berkali-kali pun dapat Anda kurangi.

Dengan menjadi pengemudi cerdas, Anda pun bisa berhemat bahan bakar setiap kali berkendara. Setelah menerapkannya, cobalah rasakan perbandingannya dengan penggunaan bensin setiap harinya. Cara hemat bahan bakar mobil matic ini sangat cocok diterapkan untuk perjalanan jauh maupun dekat.

No comments:

Post a Comment