Sunday, September 6, 2015

Cara Setir Mobil di Tanjakan dengan Sistem Gigi

Was-was saat akan bepergian karena belum tahu cara setir mobil di tanjakan yang tepat?  Jalan yang menanjak di tengah perjalanan memang menjadi tantangan tersendiri untuk pengendara mobil, apalagi untuk Anda yang belum terlalu mahir. Jika dipelajari dan dipraktekkan dengan tepat, mengendarai mobil di jalan yang menanjak tentunya bisa Anda kuasai dengan cepat.


Mengendarai mobil di jalan menanjak tentunya berbeda dengan jalanan datar. Jenis mobil yang digunakan juga sangat mempengaruhi Anda saat menerapkan trik yang tepat. Untuk melancarkan perjalanan Anda menggunakan mobil bersistem manual, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat jalanan lancar atau pun macet.

· Saat perjalanan lancar

Jalanan yang bakal Anda lalui tak selalu datar. Saat menemui jalan yang menanjak, perhatikan kemiringannya. Jika tingkat kemiringannya Anda rasa sangat curam, gunakan gigi 1. Sebaliknya, jika tidak terlalu miring atau curam, cukup gunakan gigi 2. Sebelum memutuskan untuk bepergian, pastikan Anda menguasai medan agar sukses melaluinya.

· Saat macet dan harus berhenti sebentar

Kondisi jalan yang macet kadang membuat Anda perlu berhenti sebentar dalam beberapa hitungan detik. Caranya cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu menekan pedal gas sembari menekan pedal kompling mobil.

· Saat macet dan harus berhenti tidak terlalu lama

Jika kondisi jalan mamaksa Anda untuk berhenti dalam jangka waktu yang relatif singkat tetapi tidak terlalu lama pada posisi menanjak, tekan pedal kopling sembari menekan pedal rem agak lama kemudian, mobil akan berhenti. Jika ingin kembali maju, berhentilah menekan pedal rem dilanjutkan dengan melepas pedal kopling sembari menekan gas perlahan.

· Saat macet dan harus berhenti lama

Kondisi yang sangat macet tak jarang membuat para pengendara perlu berhenti dalam jangka waktu lama. Untuk menghentikan mobil, tarik rem tangan dan posisikan gigi pada kondisi netral. Jika ingin kembali menjalan mobil, masuklah pada gigi 1, dilanjutkan dengan menekan pedal gas lalu melepaskan pedal kopling pelan-pelan. Jika dua langkah itu sudah dilakukan, Anda bisa ke tahap selanjutnya, yaitu melepaskan rem tangan.

Selain memerhatikan cara tersebut, jangan lupa perhatikan pula kondisi mobil Anda sebelum bepergian. Rem tangan, gas, dan berbagai aspek lainnya seperti jumlah muatan perlu Anda perhatikan agar perjalanan semakin lancar dan aman. Kondisi mobil yang prima tentunya akan membuat trik berkendara di jalan menanjak akan semakin mudah diterapkan.

No comments:

Post a Comment